Analisis Perbandingan Perkerasan Lentur dan Perkerasan Kaku Dengan Bantuan Software Kenpave ( Studi Kasus : Jalan Tol Sumo SeksiIV.3 STA 37+700 - STA 40+700)

2001411015, Muhammad Rafli Saputra (2024) Analisis Perbandingan Perkerasan Lentur dan Perkerasan Kaku Dengan Bantuan Software Kenpave ( Studi Kasus : Jalan Tol Sumo SeksiIV.3 STA 37+700 - STA 40+700). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAB I dan BAB V] Text (BAB I dan BAB V)
BAB I dan BAB V_Muhammad Rafli_4PJJ.pdf

Download (662kB)
[thumbnail of BAB II, III, IV] Text (BAB II, III, IV)
BAB II, III, IV_Muhammad Rafli_4PJJ.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (9MB)

Abstrak

Perkembangan ekonomi dan kemudahan mobilitas masyarakat sangat bergantung pada pembangunan infrastruktur jalan raya. Dalam situasi seperti ini, perkerasan kaku sangat penting untuk menjamin keberlanjutan dan keandalan sistem transportasi. Karena masing-masing jenis perkerasan memiliki keunggulan dan kelemahan, perkerasan lentur (fleksibel) dan perkerasan kaku (kaku) semakin populer di Indonesia. Metode AASHTO 1993 telah digunakan sebagai standar desain perkerasan jalan di berbagai negara. Tujuan dari penelitian ini adalah mentukan jenis perkerasan mana yang paling efektif berdasarkan umur rencana, kekuatan struktur, dan pengeluaran anggaran. Hasil penelitian ini meliputi perhitungan tebal perkerasan lentur dan perkerasan kaku, serta perkuatan pada beton semen kontinu tanpa perkuatan. Tebal perkerasan lentur adalah 20 cm, dan tebal lapisan permukaan adalah 15 cm untuk lapisan dasar atas dan 21 cm untuk lapisan dasar bawah. Berdasarkan analisa, tebal pelat perkerasan kaku adalah 14,25 inci atau 36 sentimeter. Pin D38-300 dan tie rod D16-1219, masing-masing, memiliki kekuatan struktur maksimum 3,06E-07 untuk perkerasan lentur dan 3,79E-07 untuk perkerasan vertical. Untuk perkerasan kaku, kekuatan maksimum stress adalah 4,94E+09. Pengeluaran untuk perkerasan lentur berjumlah 50.843.988.849,37 dan perkerasan kaku berjumlah 51.628.438.369,59.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: D4 Muhammad Rafli
Date Deposited: 21 Aug 2024 07:36
Last Modified: 21 Aug 2024 07:36
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19041

Actions (login required)

View Item
View Item