Potensi pati labu kuning dengan penambahan alga hijau dalam pembuatan edible spoon yoguhrt

2006411004, Rio Harun Firmansyah (2024) Potensi pati labu kuning dengan penambahan alga hijau dalam pembuatan edible spoon yoguhrt. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman identitas dokumen skripsi] Text (Halaman identitas dokumen skripsi)
Identitas. Halaman_Rio Harun Firmansyah.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
Isi (Bab2-4)Rio Harun Firmansyah.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Ringkasan proposal ini membahas pengembangan edible spoon untuk yogurt yangterbuat dari pati labu kuning dengan penambahan alga hijau. Latar belakangnya adalah masalah penggunaan plastik dalam peralatan makan dan tujuannya adalah mengembangkan alternatif ramah lingkungan. Pati labu kuning dipilih karena kandungan patinya yang tinggi, sementara alga hijau dipilih sebagai bahan tambahan untuk meningkatkan kualitas produk. Penelitian ini akan menganalisis pengaruh penambahan Alga hijau terhadap sifat fisik, organoleptik, dan biodegradabilitas edible spoon yogurt. Batasan penelitian mencakup fokus pada yogurt, uji sifat fisik dan organoleptik, serta uji biodegradabilitas dalam kondisi laboratorium. Tinjauan pustaka mencakup informasi tentang pati labu kuning, alga hijau, dan edible spoon. State of the art mencakup penelitian terdahulu yang menjadi dasar bagi penelitian ini. Metode penelitian akan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima level konsentrasi alga hijau: 10%, 30%, 50%,70% dan 90%. Parameter yang akan diuji meliputi sifat fisik, organoleptik, biodegradabilitas, kadar air, daya rehidrasi air, larut air, yang akan dianalisis menggunakan ANOVA. Penelitian ini mengembangkan sendok makan yang dapat dimakan (edible spoon) berbasis pati labu kuning dan alga hijau, serta mengevaluasi kualitas visual, rehidrasi air, kadar air, ketahanan terhadap air, daya simpan, dan biodegradabilitas. Formulasi E1, dengan 90% pati labu kuning dan 10% alga hijau, menunjukkan hasil terbaik dengan tekstur optimal, aroma kue, dan warna gelap kecoklatan. Formulasi ini juga memiliki daya rehidrasi dan kadar air yang baik. Uji organoleptik menunjukkan E1 dan E2 sebagai formulasi terbaik dalam kualitas bentuk, warna, tekstur, dan kekuatan. Daya simpan yang baik dan ketahanan terhadap jamur terjaga dalam suhu ruang dan suhu dingin. Biodegradabilitas menunjukkan bahwa sendok ini terurai dalam tanah setelah 40 hari, menjadikannya alternatif ramah lingkungan untuk sendok plastik.
Kata Kunci: alga hijau edible spoon, pati labu kuning, Ramah lingkungan, youghurt

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 502 Aneka ragam tentang ilmu pengetahuan alam
500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 630 Pertanian > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Teknologi Industri Cetak Kemasan D4
User ID Pengunggah: D4 Rio Harun Firmansyah
Date Deposited: 21 Aug 2024 06:25
Last Modified: 21 Aug 2024 06:25
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19017

Actions (login required)

View Item
View Item