PERANCANGAN BUKU CERITA EDUKATIF TRAVEL SERIES “JALAN-JALAN KE SEMARANG” UNTUK APISI DEMI MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK SD

2006421025, Michelle Emily (2024) PERANCANGAN BUKU CERITA EDUKATIF TRAVEL SERIES “JALAN-JALAN KE SEMARANG” UNTUK APISI DEMI MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK SD. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
bab 1_bab 5_merged.pdf

Download (944kB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
bab 2,4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Rendahnya minat baca di kalangan generasi muda perlu diatasi dengan menumbuhkan minat membaca sejak dini. Untuk mengatasi masalah ini, APISI (Asosiasi Pekerja Profesional Informasi Sekolah Indonesia) berencana menerbitkan buku cerita anak berjudul "Jalan-jalan ke Semarang". Saat ini, buku tersebut masih dalam bentuk naskah tanpa desain visual. Perancangan tugas akhir ini bertujuan untuk memvisualisasikan dan mempublikasikan buku cerita "Jalan-jalan ke Semarang" sebagai media edukasi untuk menambah pilihan bacaan bagi anak-anak usia 5-10 tahun, dengan harapan dapat meningkatkan minat baca mereka dalam program ABC. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Proses desain yang digunakan ialah design thinking yang mencakup empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Hasilnya adalah visual dengan tone dan manner yang fun dan vibrant, serta ilustrasi yang menarik pada buku cerita anak "Jalan-jalan ke Semarang", lengkap dengan coloring page sebagai aktivitas tambahan. Hal ini dapat digunakan oleh APISI saat program ABC berlangsung, dan menambah pilihan bacaan anak di perpustakaan sekolah untuk meningkatkan minat baca mereka. Layout yang digunakan adalah simetris, asimetris, dan informal dengan kombinasi halaman berbackground ilustrasi ramai dan halaman minim ilustrasi sebagai focal point. Karakter memiliki proporsi tubuh wajar dan mata besar, dengan warna bersaturasi tinggi, vibrant, earth colors, dan warm tones. Shading digunakan seperlunya dengan tekstur pensil dan watercolor. Tipografi menggunakan decorative handwritten untuk heading cover dan sans serif font, Glacial Indifference, untuk body text.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Michelle Emily
Date Deposited: 21 Aug 2024 04:03
Last Modified: 21 Aug 2024 04:03
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19001

Actions (login required)

View Item
View Item