PERANCANGAN BUKU CERITA ANAK "GANGGA MATEO DAN BUKU AJAIB PERPUSTAKAAN" SEBAGAI MEDIA LITERASI ANAK SEKOLAH DASAR UNTUK APISI

2006421038, Andrea Putri Chrisanty (2024) PERANCANGAN BUKU CERITA ANAK "GANGGA MATEO DAN BUKU AJAIB PERPUSTAKAAN" SEBAGAI MEDIA LITERASI ANAK SEKOLAH DASAR UNTUK APISI. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Laporan TA_Andrea Putri Chrisanty_DG 8B (BAB 1 & BAB 5).pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Laporan TA_Andrea Putri Chrisanty_DG8A (BAB 2 - BAB 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (8MB)

Abstrak

APISI secara terus-menerus menjalankan misinya untuk memberikan wadah dan dukungan sebagai pustakawan guna meningkatkan angka literasi. APISI berupaya untuk membuat kegiatan membaca di perpustakaan merupakan aktivitas yang menyenangkan, terutama untuk siswa kelas 1 hingga 3 sekolah dasar. Namun, upaya untuk meningkatkan literasi membaca saat ini masih terbatas pada penggunaan Lembar Kerja Aktivitas (LKA) dan majalah yang kurang menarik. Karena itu, diperlukan media literasi yang lebih menarik untuk mendorong anak-anak gemar membaca buku. Sebuah buku cerita anak berjudul "Gangga Mateo dan Buku Ajaib Perpustakaan" dirancang khusus sebagai media literasi bagi siswa kelas 1 hingga 3 sekolah dasar dengan tujuan meningkatkan minat baca mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan melibatkan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan studi literatur. Dengan metode pendekatan desain yaitu design thinking dengan melalui tahapan Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah buku cerita yang dibuat dengan genre fantasi, menggunakan ilustrasi kartun yang imajinatif, warna hangat yang kontras dengan warna dingin, serta tata letak yang dinamis. Dengan adanya buku cerita ini sebagai pilihan baca untuk anak, diharapkan minat baca anak-anak dapat meningkat.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Mahasiswa Andrea Putri Chrisanty
Date Deposited: 21 Aug 2024 04:49
Last Modified: 21 Aug 2024 04:49
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18992

Actions (login required)

View Item
View Item