PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA EDUKASI TENTANG ANATOMI TUBUH MANUSIA DI IMUSEUM IMERI FKUI

Dewani Yulia Dewi, Ayu (2024) PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA EDUKASI TENTANG ANATOMI TUBUH MANUSIA DI IMUSEUM IMERI FKUI. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul Pendahuluan dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup_DG8B_Ayu Dewani.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
IsiBab2sdBab4_DG8B_Ayu Dewani.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (55MB)

Abstrak

Kemampuan untuk mengidentifikasi bagian-bagian tubuh menjadi salah satu bagian penting dalam edukasi kepada anak-anak usia sekolah, hal ini memungkinkan mereka untuk mulai membangun awareness terhadap tubuh mereka sendiri. Oleh sebab itu, anatomi tubuh manusia penting untuk dipelajari sejak usia dini. Saat anak memasuki usia sekolah, anak-anak mulai mulai menunjukan cara berpikir mereka yang lebih logis. Sehingga, ilmu pengetahuan dan wawasan baru dapat meningkatkan keunggulan memori mereka dalam menyimpan ingatan jangka panjang. Pada usia ini menjadi masa yang tepat untuk mengajak anak melakukan eksplorasi, salah satunya dengan mengunjungi museum. Anak dapat secara aktif mengalami proses belajar yang menyenangkan sekaligus menambah wawasan serta mengembangkan minat dan bakatnya. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mendirikan Indonesia Museum of Health and Medicine (iMuseum) IMERI FKUI. iMuseum memiliki area edutainment yang diperuntukan untuk anak-anak dalam mempelajari anatomi tubuh manusia. Namun, pada area tersebut belum memiliki media edukasi yang diperuntukkan bagi anak-anak usia sekolah dalam mempelajari dan memahami anatomi tubuh manusia yang menyenangkan dan edukatif. Salah satu media edukasi yang menggabungkan antara kegiatan belajar sambil bermain adalah board game. Board game adalah permainan yang menggunakan komponen seperti pion, kartu, dadu, dan komponen lainnya sebagai alat permainan ditempatkan, digerakan atau dipindahkan di atas sebuah papan yang telah dibagi berdasarkan sebuah aturan permainan. Maka, perancangan board game ini dibuat untuk mendukung kegiatan pembelajaran anatomi kepada anak usia sekolah dalam mengenal dan membangun awareness terhadap tubuh serta kesehatan pada diri mereka sendiri. Board game dirancang menggunakan metode design thinking, proses dimulai dengan mind mapping berdasarkan kata kunci human anatomy, anak sekolah, illustration. Kemudian, kata kunci turunan yang telah tersusun selanjutnya divisualisasikan ke dalam moodboard. Dilakukan juga metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi literatur. Hasil akhir dari perancangan adalah board game edukasi anatomi tubuh manusia yang sesuai dengan konsep visual terpilih menggunakan teknik digital painting. Melalui perancangan board game ini, diharapkan dapat digunakan sebagai media edukasi area edutainment bagi anak-anak usia sekolah yang mengunjungi iMuseum dalam mengenal serta memahami anatomi dan kesehatan tubuh mereka.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 704 Topik khusus dalam bidang kesenian dan karya seni
700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Ayu Dewani
Date Deposited: 23 Aug 2024 03:28
Last Modified: 23 Aug 2024 03:28
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18969

Actions (login required)

View Item
View Item