PENCATATAN TRANSAKSI DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN APLIKASI AKUNTANSI KLEDO (STUDI KASUS UMKM DONATKUW KALIDERES JAKARTA)

2004431048, Nur Lian Oktavia (2024) PENCATATAN TRANSAKSI DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN APLIKASI AKUNTANSI KLEDO (STUDI KASUS UMKM DONATKUW KALIDERES JAKARTA). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi_Pencatatan Transaksi Dan Penyusunan Laporan Keuangan Menggunakan Aplikasi Akuntansi Kledo (Studi Kasus UMKM Donatkuw Kalideres Jakarta)_Nur Lian Oktavia_2004431048.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2-4)] Text (Isi (Bab 2-4))
Isi (Bab 2-4)_Pencatatan Transaksi Dan Penyusunan Laporan Keuangan Menggunakan Aplikasi Akuntansi Kledo (Studi Kasus UMKM Donatkuw Kalideres Jakarta)_Nur Lian Oktavia_2004431048.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
2024_D4 Akuntansi Keuangan_ARTIKEL SNAM_Nur Lian Oktavia.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (724kB)

Abstrak

Pada pertumbuhan perekonomian nasional di Indonesia, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi signfikan. Menurut pusat analisis DPR RI, UMKM pada tahun 2024 kedepan memiliki tantangan terkait permodalan dan pemanfaatan teknologi digital dalam pencatatan transaksi sesuai dengan standar akuntansi serta belum memiliki laporan keuangan. Sehingga, UMKM rentan terhadap kesalahan pencatatan dan sulit mendapatkan informasi keuangan untuk mengembangkan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan aplikasi akuntansi Kledo di UMKM Donatkuw sebagai sistem pencatatan transaksi keuangan dan pelaporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan berupa data primer yang berasal dari hasil observasi dan wawancara dengan pemilik UMKM, serta data sekunder yang berasal dari hasil dokumentasi transaksi keuangan UMKM Donatkuw. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM hanya melakukan pencatatan transaksi uang masuk dan keluar tanpa menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan sistem pencatatan UMKM dengan menerapkan aplikasi akuntansi Kledo untuk membantu pencatatan transaksi dan penyusunan laporan keuangan UMKM Donatkuw Kalideres sesuai standar akuntansi. Hasil penggunaan aplikasi Kledo menunjukkan bahwa pencatatan transaksi keuangan UMKM Donatkuw menjadi lebih terstruktur, cepat dan akurat serta menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 679 Produk lain dari jenis bahan tertentu
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Nur Lian Oktavia
Date Deposited: 21 Aug 2024 04:28
Last Modified: 21 Aug 2024 04:28
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18843

Actions (login required)

View Item
View Item