PROSES ASSEMBLY UNIT HM400-3R DI PT. KOMATSU INDONESIA

2102311034, Evan Rabbani Ashidieqi (2024) PROSES ASSEMBLY UNIT HM400-3R DI PT. KOMATSU INDONESIA. [Laporan Kampus Merdeka]

[thumbnail of Laporan Praktik Kerja Lapangan] Text (Laporan Praktik Kerja Lapangan)
LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN EVAN RABBANI A.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Laporan ini membahas pengalaman praktek kerja lapangan yang dilakukan di PT. Komatsu Indonesia dengan fokus pada proses assembly unit HM400-3R. Tujuan dari praktek kerja lapangan ini adalah untuk memahami dan menganalisis tahapan-tahapan dalam proses perakitan mesin dump truck HM400-3R yang merupakan salah satu produk unggulan dari PT. Komatsu Indonesia.

Proses assembly unit HM400-3R mencakup berbagai tahap penting, termasuk pemilihan dan pemeriksaan komponen, perakitan sub-assembly, dan pengujian fungsional. Selama praktek, penulis terlibat langsung dalam proses perakitan, mulai dari pemasangan komponen-komponen utama seperti mesin, transmisi, dan sistem hidrolik, hingga tahap akhir pengujian untuk memastikan semua komponen bekerja dengan baik dan sesuai spesifikasi.

Hasil dari praktek ini menunjukkan bahwa PT. Komatsu Indonesia menerapkan prosedur yang ketat dalam proses assembly untuk menjaga kualitas dan performa produk. Selain itu, praktek ini juga memberikan wawasan mendalam mengenai teknik-teknik perakitan yang efisien dan tantangan-tantangan yang dihadapi dalam proses produksi mesin berat.

Dengan pengalaman yang didapat selama praktek kerja lapangan ini, penulis dapat mengaplikasikan pengetahuan teknis yang diperoleh dalam konteks industri nyata serta meningkatkan pemahaman mengenai sistem assembly dan kontrol kualitas di sektor manufaktur mesin.

Kata kunci: assembly, HM400-3R, perakitan, kontrol kualitas, PT. Komatsu Indonesia

Tipe Dokumen: Laporan Kampus Merdeka
Subjek: 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Evan Rabbani Ashidieqi
Date Deposited: 16 Aug 2024 13:52
Last Modified: 16 Aug 2024 13:52
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18789

Actions (login required)

View Item
View Item