Penyusunan Dan Penerapan Perlakuan Akuntansi Tanaman Produktif Berdasarkan PSAK 16 Aset Tetap Secara Terkomputerisasi Pada PT Alam Indonesia Raharja

2004431034, Siti Syaira (2024) Penyusunan Dan Penerapan Perlakuan Akuntansi Tanaman Produktif Berdasarkan PSAK 16 Aset Tetap Secara Terkomputerisasi Pada PT Alam Indonesia Raharja. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Judul, Pendahuluan, dan Penutup_Siti Syaira.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 2 sd Bab 4] Text (Bab 2 sd Bab 4)
Bab 2 sd Bab 4_Siti Syaira.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Perlakuan akuntansi Tanaman Produktif diatur dalam PSAK 16. Salah satu perusahaan yang memiliki Tanaman Produktif adalah PT Alam Indonesia Raharja (PT AIR) yang berupa Tanaman Serai Wangi. Pencatatan yang dilakukan PT AIR belum sesuai dengan PSAK 16 dan masih menggunakan Microsoft Excel. PT AIR berkeinginan untuk dapat menyajikan laporan keuangan secara otomatis, sehingga memilih aplikasi Accurate untuk sistem terbarunya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun dan menerapkan perlakuan akuntansi atas transaksi Tanaman Produktif yang sesuai dengan PSAK 16 Aset Tetap menggunakan aplikasi Accurate. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data penelitian yang dilakukan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian merupakan data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah pencatatan terkait transaksi atas Tanaman Produktif berupa Tanaman Serai Wangi milik PT AIR sebelumnya masih menggunakan Microsoft Excel dan pencatatannya belum sesuai dengan PSAK 16. Hal ini disebabkan karena PT AIR masih belum mengetahui PSAK 16 khususnya terkait transaksi Tanaman Serai Wangi. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan aplikasi Accurate dapat membantu dalam penyajian laporan keuangan secara otomatis dan dapat dimodifikasi sesuai dengan standar akuntansi khususnya PSAK 16 terkait Tanaman Serai Wangi secara relevan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 500 – Ilmu Pengetahuan > 580 Tanaman > 580 Tumbuh-tumbuhan, tanaman, botani, flora
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 630 Pertanian > 633 Tanaman persawahan dan perkebunan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: siti syaira
Date Deposited: 16 Aug 2024 06:26
Last Modified: 16 Aug 2024 06:26
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18726

Actions (login required)

View Item
View Item