ANALISIS SIMPANG BERSINYAL KAPTEN TENDEAN, JAKARTA SELATAN

1801321050, Galih Dwi Prasetyo (2021) ANALISIS SIMPANG BERSINYAL KAPTEN TENDEAN, JAKARTA SELATAN. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul Pendahuluan dan Penutup)
JUDUL, PENDAHULUAN DAN PENUTUP.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 5] Text (Isi Bab 2 sd Bab 5)
ISI SKRIPSI SELAIN BAB 1 DAN 6.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Jurnal Teknik Sipil_Galih-Renaldy.pdf] Text
Jurnal Teknik Sipil_Galih-Renaldy.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (153kB)

Abstrak

Persimpangan bersinyal Kapten Tendean Jakarta Selatan yang menghubungkan jalan Wijaya I, Jalan Suryo, dan Jalan Wolter Monginsidi sering terjadi kepadatan lalu lintas pada -jam sibuk sehingga kemacetan tidak dapat dihindarkan, terutama dari jalan Wolter Monginsidi dan dari jalan Wijaya I. Tujuan utama penelitian adalah menganalisis dan mendapatkan solusi untuk meningkatkan kinerja simpang bersinyal. Analisis data menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia, 1997. Untuk perhitungan derajat kejenuhan, tundaan, dan antrian survei lalu lintas dilakukan selama 3 hari. Didapatkan data volume lalu lintas terbanyak pada jam puncak pagi hari kerja. Dengan jumlah arus total 5971,1 smp/jam, dimana pada kondisi ekisisting DS tertinggi dari kaki simpang selatan sebesar 1,049, dan tundaan rata-rata simpang sebesar 61,98 det/smp dalam kategori tingkat pelayanan (F) sedangkan pada kondisi normal perkiraan DS tertinggi dari kaki simpang selatan 1,3992 dan timur 0,929 serta tundaan rata-rata simpang sebesar 76,59 det/smp dalam kategori tingkat pelayanan (F). Upaya perbaikan dilakukan dalam 6 alternatif, mulai dari menjadikannya bundaran, penyesuaian waktu siklus, perubahan lajur arah selatan, perubahan lajur arah timur, perubahan lajur arah timur dan selatan, pelarangan belok kanan untuk semua pendekat, dan pelarangan belok kanan dan perubahan lajur arah timur dan selatan. Dari analisis, perbaikan yang diusulkan adalah menggabungkan solusi peraturan larangan belok kanan dan merubah lebar lajur jalan arah timur dan selatan, sehingga menambah jumlah lajur dengan lebar 3 x 3,5 meter, tanpa membebaskan lahan. Dari solusi tersebut didapatkan tundaan rata-rata simpang 10,96 det/smp dengan kategori tingkat pelayanan (B) untuk kondisi eksisting masa pandemi dan tundaan rata-rata simpang 13,56 det/smp dengan kategori tingkat pelayanan (B) untuk kondisi normal perkiraan

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Sipil D3
User ID Pengunggah: Galih Dwi Prasetyo
Date Deposited: 20 Aug 2021 07:37
Last Modified: 07 Sep 2021 08:20
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/187

Actions (login required)

View Item
View Item