ANALISIS PERBANDINGAN QUANTITY TAKE OFF ANTARA PENGGUNAAN AUTODESK REVIT TERHADAP PENGGUNAAN CUBICOST TAS PADA PEKERJAAN STRUKTUR BANGUNAN RUMAH SAKIT ( STUDI KASUS : PROYEK TCD TMII FASE 2 & 3 )

2001421034, Febby Ferina (2024) ANALISIS PERBANDINGAN QUANTITY TAKE OFF ANTARA PENGGUNAAN AUTODESK REVIT TERHADAP PENGGUNAAN CUBICOST TAS PADA PEKERJAAN STRUKTUR BANGUNAN RUMAH SAKIT ( STUDI KASUS : PROYEK TCD TMII FASE 2 & 3 ). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Judul,Pendahuluan dan Penutup.pdf

Download (827kB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sampai Bab 4] Text (Isi Bab 2 sampai Bab 4)
Isi bab 2 sampai bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (13MB)

Abstrak

Penggunaan BIM dalam proyek konstruksi dianggap dapat mempermudah proses dalam perhitungan volume. Dengan menerapkan Building Information Modelling (BIM) di awal proyek, kita dapat mengurangi keselahan dalam perhitungan Quantity Take Off (QTO). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan membandingkan hasil Quantity Take Off (QTO) menggunakan Autodesk Revit dan Cubicost TAS, serta mengidentifikasi penyebab perbedaan perhitungan. Metode pada penelitian meliputi pemodelan pekerjaan struktur elemen kolom, balok dan pelat lantai menggunakan Cubicost TAS dan Autodesk Revit, lalu dilakukan pengumpulan volume dari masing-masing software, serta dilakukan analisis untuk mengidentifikasi faktor penyebab perbedaan perhitungan. Hasil QTO menggunakan Autodesk Revit dan Cubicost TAS menunjukkan angka deviasi QTO untuk elemen kolom sebesar 3,73%, pekerjaan balok 0,26% dan pekerjaan pelat lantai 0%. Sedangkan, Persentase deviasi pada volume bekisting pekerjaan kolom sebesar 1,2%, pekerjaan balok 9,49% dan pekerjaan pelat lantai 0,01%. Dari data perhitungan QTO yang didapat, penggunaan Cubicost TAS menunjukkan angka yang relatif lebih kecil dibandingkan hasil QTO menggunakan Autodesk Revit. Berdasarkan wawancara dengan narasumber yang sudah divalidasi, Faktor penyebab perbedaan hasil QTO menggunakan Cubicost TAS dan Autodesk Revit adalah dapat berupa beberapa variabel seperti : input gambar, metode perhitungan, tingkat akurasi, pengoperasian, fitur unggulan, waktu pengoperasian , pelatihan dan sumber belajar, dan tampilan gambar.

Kata Kunci: Autodesk Revit; Building Information Modelling (BIM); Cubicost Glodon TAS; Quantity Take Off (QTO)

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 690 Pembangunan gedung > 692 Praktek yang berhubungan dengan pekerjaan konstruksi
700 - Seni dan Rekreasi > 720 Arsitektur > 725 Struktur umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Gedung D4
User ID Pengunggah: Febby Ferina
Date Deposited: 15 Aug 2024 07:42
Last Modified: 15 Aug 2024 07:42
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18512

Actions (login required)

View Item
View Item