PEMODELAN BIAYA DAN WAKTU PEMBANGUNAN APARTEMEN THE PRIEMER MTH BERBASIS SOFTWARE REVIT DAN NAVISWORK

2001421023, Ari Setiawan Romadhon (2024) PEMODELAN BIAYA DAN WAKTU PEMBANGUNAN APARTEMEN THE PRIEMER MTH BERBASIS SOFTWARE REVIT DAN NAVISWORK. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Text (ABSTRAK, ABSTRACT, BAB II-BAB IV, LAMPIRAN)] Text (Text (ABSTRAK, ABSTRACT, BAB II-BAB IV, LAMPIRAN))
BAB II & IV-MK-Ari Setiawan Romadhon-TKG.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ until 14 August 2024.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Text (BAGIAN AWAL, BAB I DAN BAB V, DAFTAR PUSTAKA)] Text (Text (BAGIAN AWAL, BAB I DAN BAB V, DAFTAR PUSTAKA))
BAB I & BAB V-MK-Ari Setiawan Romadhon-TKG.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ until 14 August 2024.

Download (501kB) | Request a copy

Abstrak

Perkembangan teknologi di jaman modern ini telah merbambah ke berbagai lini kehidupan, termasuk kedalam dunia konstruksi. Salah satu teknologi yang membantu para praktisi dalam memenuhi tuntutan tersebut adalah Building Information Modeling (BIM). Yulyardi (2018) menjelaskan bahwa pada metode konvensional terjadi pemborosan sekitar 10 % pada material, 40 % proyek mengalami over budget, 30% proyek mengalami pengerjaan ulang, dan hampir 90% proyek mengalami keterlambatan. Penelitian ini menggunakan mixed method, yakni metode kuantitatif dan metode kualitatif. Data yang digunakan untuk analasis kuantitatif merupakan data berupa gambar struktur pembangunan apartemen the priemer MTH, yang kemudian di modelkan dan dihitung ulang volume strukturnya dengan menerapkan konsep BIM dengan bantuan software Autodesk Revit yang kemudian hasilnya dibandingkan dengan quantity takeoff metode konvensional. Sedangkan metode kualitatif dilaksankan dengan melakukan wawancara bebas kepada stakeholder konstruksi. Berdasarkan studi kasus yang membandingkan metode konvensional dan metode BIM, penerapan konsep BIM dapat meningkatkan akurasi volume pekerjaan struktur beton sebesar 17,82 %. Menggunakan BIM juga memiliki keunggulan yakni pekerjaan menjadi lebih cepat, perhitungan lebih akurat, serta memudahkan komunikasi dan integrasi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Gedung D4
User ID Pengunggah: Ari Setiawan Romadhon
Date Deposited: 28 Aug 2024 08:34
Last Modified: 28 Aug 2024 08:34
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18329

Actions (login required)

View Item
View Item