LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN MOLDING PROSES UNTUK TRIAL ENGINEERING PT CIBA VISION ALCON BATAM

2002411014, Praseio Marsudi Cahyo (2024) LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN MOLDING PROSES UNTUK TRIAL ENGINEERING PT CIBA VISION ALCON BATAM. [Laporan Kampus Merdeka]

[thumbnail of Bab1 dan lampiran.pdf] Text
Bab1 dan lampiran.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab 2 dan Bab 3] Text (Bab 2 dan Bab 3)
bab 2 smpe bab 3.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ until 2025.

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Selama menjalani masa praktik kerja lapangan (PKL) di PT Ciba Vision Alcon Batam, penulis telah berkesempatan untuk terlibat langsung dalam proses produksi dan operasi perusahaan. PT Ciba Vision Alcon Batam, sebagai produsen lensa kontak terkemuka, memiliki peralatan produksi yang sangat penting, salah satunya adalah pin optik. Pin optik adalah salah satu komponen bagian blok cetakan yang membentuk radius tertentu untuk wafer tertentu dalam manufaktur lensa kontak.
Pin Optik memiliki peran vital dalam menghasilkan lensa kontak berkualitas tinggi yang memenuhi standar ketat industri dan kebutuhan pelanggan. Namun, sebelum pin optik bisa digunakan untuk memproduksi wafer/cetakan lensa kontak, harus dilakukan proses TRIAL PIN PROOFING terlebih dahulu agar pin optik yang datang dari Alcon pusat yang bertepat di Huntington, WV. Amerika Serikat sesuai dengan standard yang telah ditetapkan.
Trial Pin Proofing merupakan proses pemeriksaan pin optik yang baru (pin yang pertama kali diterima) untuk memverifikasi bahwa pin tersebut sudah sesuai dengan spesifikasi yang ada di PT Ciba Vision Alcon Batam. Prosedur ini juga berlaku untuk pin optik yang ingin dioptimalkan, perbaikan dan atau untuk pemeriksaan pin optik sebelum di reparasi (jika tedapat kerusakan pada pin optik)

Tipe Dokumen: Laporan Kampus Merdeka
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Manufaktur D4
User ID Pengunggah: Prasetio Marsudi Cahyo
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:57
Last Modified: 02 Aug 2024 03:57
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/18056

Actions (login required)

View Item
View Item