PERBAIKAN KETAHANAN SHOCK THERMAL MATERIAL SIDE DIE UNTUK PENINGKATAN PRODUKSI DISC CAR WHEEL TYPE PSD3K

PATRIA, HERRY (2024) PERBAIKAN KETAHANAN SHOCK THERMAL MATERIAL SIDE DIE UNTUK PENINGKATAN PRODUKSI DISC CAR WHEEL TYPE PSD3K. Lainnya thesis, POLITEKNIK NEGERI JAKARTA.

[thumbnail of Judul,Bab 1 dan Bab 5] Text (Judul,Bab 1 dan Bab 5)
Tesis Herry Patria MTTRM 2209521006. File 1..pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2 sampai dengan Bab 4] Text (Bab 2 sampai dengan Bab 4)
Tesis Herry Patria MTTRM 2209521006. File.2.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Jurnal Publish Herry Patria.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Peningkatan ketahanan side die terhadap termal shock pada aplikasi cetakan disc car wheel dicapai dengan mengganti material FCD550 dengan material SKD6. Masalah utama yang dibahas adalah retaknya side dies karena kejutan termal yang disebabkan oleh proses produksi yang dipercepat, yang menyebabkan penghentian produksi dan kegagalan untuk memenuhi pesanan pelanggan yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bahan yang dapat menahan kejutan termal dengan lebih baik daripada FCD550, sehingga meningkatkan daya tahan side die dan produktivitas keseluruhan dari proses produksi. Penelitian ini melibatkan eksperimen produksi langsung, menganalisis bahan FCD550 dan SKD6, mengevaluasi karakteristik cetakan, dan menilai atribut produk jadi sebelum dan sesudah perubahan bahan. Tes laboratorium dan uji coba pengaturan mesin dilakukan, memvariasikan proses produksi dan menilai hasilnya. Temuan menunjukkan bahwa SKD6 secara signifikan lebih tahan terhadap kejutan termal daripada FCD550 dalam aplikasi disc car wheel. Studi ini membandingkan kekuatan bahan side die menggunakan lembar data dan parameter pengaturan yang disesuaikan dalam kondisi pendinginan yang ada. Eksperimen melibatkan mengubah suhu standar dari 520 °C–545 °C menjadi 532 °C–538 °C dan mengurangi waktu perendaman dari minimum 270–540 detik menjadi 332 detik. Ini mengurangi waktu perendaman dari 69 detik menjadi 46 detik dan waktu penuaan dari 190 detik menjadi 180 detik, meningkatkan produktivitas pengecoran dari 194.870 buah / 28 hari menjadi 213.311 buah / 28 hari di tujuh mesin, sehingga memenuhi kebutuhan pelanggan 200.000 buah / 28 hari tanpa retak side die. Pengujian daya tahan pada lima sampel produk sesuai dengan standar TSD5605G menegaskan kualitas memenuhi spesifikasi pelanggan.
Kata kunci : shock thermal, die disc car wheel, manufacturing, automotive parts, casting productivity

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 680 Manufaktur untuk penggunaan khusus > 688 Produksi produk final dan pengemasan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Pascasarjana > Magister Terapan Rekayasa Teknologi Manufaktur S2
User ID Pengunggah: Herry Patria
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:19
Last Modified: 19 Jul 2024 07:19
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/17654

Actions (login required)

View Item
View Item