RANCANGAN MODIFIKASI SISTEM OTOMATIS POMPA SUBMERSIBLE DISTRIBUSI LIMBAH CAIR DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA

Abdul Azis, Daffa (2024) RANCANGAN MODIFIKASI SISTEM OTOMATIS POMPA SUBMERSIBLE DISTRIBUSI LIMBAH CAIR DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, Penutup)
BAB 1 dan BAB 5.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi BAB 2 sd BAB 4] Text (Isi BAB 2 sd BAB 4)
BAB 2 - BAB 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)

Abstrak

# Abstrak Penelitian

Praktek kerja lapangan merupakan salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa Diploma III, bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan penerapan teori yang dipelajari. Penelitian ini dilakukan di PT Angkasa Pura II, khususnya pada unit Sanitasi yang bertanggung jawab terhadap pengolahan limbah. Selama pelaksanaan, ditemukan permasalahan pada sistem distribusi limbah cair, yaitu kerusakan pada sistem otomatis yang menyebabkan pompa mengalami short. Hal ini disebabkan oleh sensor yang tidak dapat mendeteksi permukaan air limbah, sehingga sinyal tidak diterima oleh PLC.

Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini berjudul “Rancangan Modifikasi Sistem Otomatis Pompa Submersible Distribusi Limbah Cair di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta”. Modifikasi yang diusulkan mencakup penambahan sistem cadangan berupa logika pemrograman dalam perangkat PLC. Sistem backup yang diusulkan adalah penggunaan timer untuk menghitung mundur waktu operasi pompa, sehingga dapat mematikan pompa secara otomatis dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Diharapkan, modifikasi ini dapat meningkatkan keandalan sistem distribusi limbah cair di bandara dan mencegah terulangnya permasalahan serupa di masa depan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 628 Teknik sanitasi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Daffa Abdul Azis
Date Deposited: 12 Jul 2024 12:55
Last Modified: 12 Jul 2024 12:55
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/17451

Actions (login required)

View Item
View Item