ANALISIS PENGARUH KONDISI PERKERASAN TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN DAN KINERJA RUAS JALAN

4117110006, Sekar Ayu Kusumawardhani (2021) ANALISIS PENGARUH KONDISI PERKERASAN TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN DAN KINERJA RUAS JALAN. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 5 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 5 Isi Skripsi)
BAB II - BAB V Isi Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (345kB)

Abstrak

Jalan tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) merupakan jalur logistik yang dipenuhi oleh kendaraan ringan dan berat sehingga akan menimbulkan terjadinya repetisi beban lalu lintas yang akhirnya menyebabkan kualitas perkerasan jalan akan menurun yang berakibat kerusakan pada permukaan jalan dan dapat mengurangi tingkat keselamatan serta kenyamanan pengguna jalan sehingga untuk meminimalisir hal tersebut pengguna jalan akan menggunakan kecepatan yang lebih rendah. Hal tersebut dapat menambah waktu perjalanan dan tersendatnya lalu lintas di ruas jalan tol. Dalam penelitian ini tingkat kerusakan jalan dianalisis menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI), kecepatan pengendara menggunakan metode time mean speed pada tiap segmen yang terpilih yang dianalisis kondisi perkerasan jalannya dan kemudian dianalisis secara statistik menggunakan regresi linear dengan menggunakan software SPSS v.26 untuk diketahui seberapa besar pengaruh kondisi perkerasan jalan terhadap kecepatan kendaraan, serta kinerja ruas jalan yang dianalisis dengan menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Berdasarkan hasil analisis pada ruas Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) KM 35+000 – 45+000 kondisi perkerasan jalan tol tersebut berada pada kategori good dengan kecepatan kendaraan yang beragam untuk masing-masing golongan kendaraan pada segmen terpilih dengan rentang 44,80 km/jam sampai 79,98 km/jam dan didapat pengaruh akibat kondisi perkerasan jalan terhadap kecepatan kendaraan adalah sebesar 51,6% untuk kendaraan golongan 1, 58,1% untuk kendaraan golongan 2, 42,2% untuk kendaraan golongan 3, 42,9% untuk kendaraan golongan 4, dan 44,8% untuk kendaraan golongan 5. Penanganan terhadap kerusakan yang terjadi dapat dilakukan dengan menyesuaikan pada jenis dan tingkat kerusakannya, kerusakan perkerasan yang terjadi pada ruas Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) tidak mengganggu kinerja ruas jalan pada ruas Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR).

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Sekar Ayu Kusumawardhani
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:41
Last Modified: 07 Sep 2021 04:41
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/1723

Actions (login required)

View Item
View Item