ANALISIS KERUSAKAN DAN PENGGANTIAN BELT COAL FEEDER UNIT 3D PT. PLN INDONESIA POWER PLTU JAWA BARAT 2 PELABUHAN RATU POWER GENERATION UNIT

2002421012, Irfan Hermansyah Saputra (2024) ANALISIS KERUSAKAN DAN PENGGANTIAN BELT COAL FEEDER UNIT 3D PT. PLN INDONESIA POWER PLTU JAWA BARAT 2 PELABUHAN RATU POWER GENERATION UNIT. [Laporan Kampus Merdeka] (Unpublished)

[thumbnail of Laporan BAB 1&4] Text (Laporan BAB 1&4)
LAPORAN BAB 1&4.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Laporan BAB 2&3] Text (Laporan BAB 2&3)
LAPORAN BAB 2&3.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)

Abstrak

Energi batu bara digunakan sebagai bahan bakar dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) memegang peran penting dalam penyediaan energi listrik. Salah satu komponen krusial dalam operasi PLTU adalah belt coal feeder, yang berfungsi mengatur aliran batubara dari bunker ke boiler. Efisiensi dan keandalan belt coal feeder mempengaruhi kinerja keseluruhan PLTU. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggantian belt coal feeder terhadap operasional dan ketersediaan PLTU. Metode penelitian yang digunakan meliputi studi kasus dan analisis data operasional sebelum dan sesudah penggantian belt coal feeder. Ketahanan belt coal feeder sangat dipengaruhi dari ukuran batubara dan benda asing yang terbawa oleh batubara. Keusakan pada coal feeder seperti putusnya belt coal feeder, rantai penggerak yang macet, tidak berputarnya pully. Pola pengoperasian dan perawatan yang dilakukan pada komponen coal feeder sangat berperan penting untuk meningkatkan dan menjaga efisiensi pembangkit. Oleh karena itu, identifikasi masalah pada komponen coal feeder dan penggantian belt coal feeder yang tepat menjadi kunci untuk menjaga unit keberlanjutan dan efisiensi operasi PLTU.

Tipe Dokumen: Laporan Kampus Merdeka
Subjek: 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Pembangkit Tenaga Listrik D4
User ID Pengunggah: Irfan Hermansyah Saputra
Date Deposited: 28 Jun 2024 02:34
Last Modified: 28 Jun 2024 02:34
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/17192

Actions (login required)

View Item
View Item