“PERANCANGAN YOKE 50 TON JIG RIVETING CROSSMEMBER CHASIS TRUCK SEBAGAI IMPROVEMENT MODEL DI LINE ASSY PLANT 3”

2002411056, Ahmad Ridwan Fathurrahman (2024) “PERANCANGAN YOKE 50 TON JIG RIVETING CROSSMEMBER CHASIS TRUCK SEBAGAI IMPROVEMENT MODEL DI LINE ASSY PLANT 3”. [Laporan Kampus Merdeka]

[thumbnail of Laporan OJT - Ahmad Ridwan Fathurrahman - Full.pdf] Text
Laporan OJT - Ahmad Ridwan Fathurrahman - Full.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (15MB)

Abstrak

Dalam industri otomotif, proses perakitan chassis truk memerlukan tingkat presisi tinggi untuk memastikan kualitas dan daya tahan kendaraan. Tujuan dari proyek ini adalah untuk merancang yoke 50 ton jig riveting yang dapat digunakan dalam pemasangan crossmember chassis truk sebagai upaya peningkatan efisiensi model di Line Assy Plant 3. Proses desain mencakup analisis kekuatan, tegangan dari pemilihan material, serta pengujian prototipe untuk memastikan keandalan dan keamanan alat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yoke 50 ton jig yang dirancang berhasil meningkatkan efisiensi dan keamanan proses riveting, mengurangi waktu perakitan, dan meningkatkan kualitas hasil akhir. Penerapan yoke jig di Line Assy Plant 3 diharapkan dapat menjadi ide inovasi peningkatan model yang dapat diaplikasikan di lini produksi lainnya.

Keywords: Perancangan yoke, 50 ton jig riveting, crossmember chassis, perakitan truk, peningkatan model, efisiensi perakitan.

Tipe Dokumen: Laporan Kampus Merdeka
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Manufaktur D4
User ID Pengunggah: Ahmad Fathurrahman
Date Deposited: 19 Jun 2024 01:59
Last Modified: 19 Jun 2024 01:59
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/17025

Actions (login required)

View Item
View Item