ANALISIS FUNDAMENTAL TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI (Studi pada Sektor Consumer Goods yang termasuk dalam Indeks IDX80 Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015 s.d. 2018)

Fathonah, Aini Nurul and Warsini, Sabar and Rimenda, Tetty ANALISIS FUNDAMENTAL TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI (Studi pada Sektor Consumer Goods yang termasuk dalam Indeks IDX80 Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015 s.d. 2018). Prosiding Capital, 2 (1).

[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf - Published Version

Download (332kB)

Abstrak

Analisis fundamental adalah salah satu metode penilaian saham yang menitikberatkan pada kinerja perusahaan yang memengaruhi harga saham perusahaan di masa mendatang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel fundamental Earning Per Share (EPS), Return On Equity (ROE), dan Return On Asset (ROA) terhadap harga saham, serta keputusan investasi yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian ini. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dan asosiatif, yaitu data diperoleh dari laporan tahunan perusahaan sektor consumer goods yang termasuk dalam indeks IDX80 periode 2015 sampai 2018. Populasi dari penelitian adalah 53 perusahaan sektor consumer goods, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling sehingga didapat sampel sebanyak 9 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linier berganda, dengan bentuk data unbalanced panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa EPS berpengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan ROE dan ROA tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham. Sementara itu, secara simultan ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

Tipe Dokumen: Artikel
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: S.Tr.M. Aini Nurul Fathonah
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:32
Last Modified: 15 Jul 2024 06:32
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/16851

Actions (login required)

View Item
View Item