ANALISIS LOST TIME DALAM PROSES COPPER PLATING PADA ULIR PIPA GUNA MENUNJANG AKTIVITAS PRODUKSI PT. X MENGGUNAKAN METODE ROOT CAUSE ANALYSIS (RCA)

1902411023, Muhammad Abu Bakar (2024) ANALISIS LOST TIME DALAM PROSES COPPER PLATING PADA ULIR PIPA GUNA MENUNJANG AKTIVITAS PRODUKSI PT. X MENGGUNAKAN METODE ROOT CAUSE ANALYSIS (RCA). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, Penutup)
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi BAB 2 s.d. 4] Text (Isi BAB 2 s.d. 4)
BAB III.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (957kB)
[thumbnail of Jurnal Skripsi] Text (Jurnal Skripsi)
SEMNAS WM.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Pelapisan tembaga (copper plating) adalah proses penambahan lapisan tembaga pada permukaan logam lain atau non-logam. Proses ini digunakan untuk meningkatkan ketahanan korosi, kekuatan mekanis, dan estetika permukaan. Ada beberapa metode yang digunakan dalam proses copper plating, seperti elektrolisis, penyemprotan, dan pengecatan. Selain itu, proses ini juga dapat digunakan untuk menambah lapisan tembaga pada komponen elektronik, alat mekanik, dan peralatan lainnya. Copper plating juga dapat diaplikasikan dalam industri oil and gas, merupakan salah satu metode pelapisan yang sering digunakan untuk meningkatkan ketahanan dan kekuatan pipa, terutama pada bagian ulirnya. PT.X merupakan perusahaan yang menjual jasa berupa pelapisan copper plating pada ulir pipa sebagai produknya dalam penyedia jasa untuk industri oil and gas. Namun proses ini terjadi masalah pada pemborosan waktu yang menyebabkan terjadinya aktivitas yang terganggu. Maka dari itu dibutuhkan solusi pada masalah ini, dengan menggunakan metode root cause analysis (RCA) akan ditemukan akar masalah pada proses ini dan memilih solusi berdasarkan akar permasalahan yang ditemukan, supaya kedepannya tidak terjadi lagi pemborosan waktu yang terjadi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 672 Besi, baja, produk paduan besi lainnya
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 680 Manufaktur untuk penggunaan khusus > 680 Produksi untuk keperluan khusus
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Manufaktur D4
User ID Pengunggah: Mahasiswa Muhammad Abu Bakar
Date Deposited: 06 May 2024 09:45
Last Modified: 06 May 2024 09:45
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/16793

Actions (login required)

View Item
View Item