PERBANDINGAN KARAKTERISTIK CAMPURAN BETON ASPAL ANTARA ABU BATU DAN PASIR SEBAGAI AGREGAT HALUS DENGAN ABU ARANG KELAPA SEBAGAI FILLER

1901411019, Taufiq Akbar Indrawirawan (2024) PERBANDINGAN KARAKTERISTIK CAMPURAN BETON ASPAL ANTARA ABU BATU DAN PASIR SEBAGAI AGREGAT HALUS DENGAN ABU ARANG KELAPA SEBAGAI FILLER. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAB 1 & BAB 5] Text (BAB 1 & BAB 5)
FILE 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 - BAB 4] Text (BAB 2 - BAB 4)
FILE 2.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Campuran aspal beton (AC) umum digunakan untuk perkerasan jalan di Indonesia. Agregat yang digunakan adalah agregat kasar, agregat halus dan filler. Agregat kasar yang terdapat pada campuran aspal berfungsi sebagai struktur lapisan perkerasan yang memberikan stabilitas, sedangkan agregat halus dan filler berfungsi sebagai pengisi celah antara agregat kasar sehingga meningkatkan stabilitas dan beberapa karakteristik lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai karakteristik dalam campuran aspal beton dan Mendapatkan nilai Kadar Aspal Optimum (KAO) dari Campuran beton aspal dengan menggunakan Abu batu dan Pasir sebagai agregat halus serta menggunakan filler abu arang kelapa. Benda uji dalam dua variasi pengujian yaitu benda uji marshall menggunakan agregat halus pasir alam dan abu batu. Sebelum dilakukan pembuatan benda uji dilakukan pengujian karateristik aspal, agregat halus, agregat kasar, dan filler. Karakteristik beton aspal yang di uji adalah Stabilititas, Nilai kelelehan/flow, VMA, VIM, VFA, Marshall quotient (MQ). Hasil Penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai karakteristik beton aspal yang menggunakan agregat halus pasir dengan beton aspal yang menggunakan agregat halus abu batu tidak berbanding signifikan.

Kata kunci: Abu batu; Pasir ; abu arang kelapa; beton aspal

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Taufiq Akbar Indrawirawan
Date Deposited: 29 Feb 2024 08:27
Last Modified: 29 Feb 2024 08:27
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/16519

Actions (login required)

View Item
View Item