ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI UMKM VAPOR AING (STUDI KASUS PADA UMKM VAPOR AING)

4416030023, Alutfi Wibowo (2023) ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI UMKM VAPOR AING (STUDI KASUS PADA UMKM VAPOR AING). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi dan Lampiran] Text ((Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi dan Lampiran)
SKRIPSI-ALUTFI WIBOWO AKT-PUBLIC.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
SKRIPSI-ALUTFI WIBOWO AKT-3-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
AKT_8A_Alutfi Wibowo_4416030023_snam28.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (662kB)

Abstrak

Penelitian ini tentang perancangan sistem informasi akuntansi UMKM dari penyandingan pencatatan secara digital dan manual menjadi terintegrasi dengan menggunakan aplikasi berbasis Microsoft Acces yang di desain sedemikian rupa untuk memenuhi segala kebutuhan pencatatan dan komponen pelaporan akuntansi UMKM.
UMKM Vapor Aing bergerak di industri penjualan e-cigaret atau yang biasa di sebut vaporizer. Dengan meningkatnya peminat dari vaporizer UMKM Vapor Aing memiliki kenaikan pada transaksi penjualan yang mengharuskan UMKM untuk bisa mempunyai laporan keuangan berdasarkan standar akuntansi yang berlaku sehingga dapat membantu dalam pengambilan keputusan di lingkup internal UMKM.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pemilik usaha, manajer, dan staf akuntansi Vapor Aing. Selain itu, observasi langsung terhadap proses akuntansi yang ada dan analisis dokumen internal juga dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang sistem informasi akuntansi yang sedang berjalan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa UMKM Vapor Aing menghadapi tantangan dalam pengelolaan keuangan, pemantauan stok, dan pelaporan keuangan yang akurat. Dalam perancangan sistem informasi akuntansi, beberapa komponen utama telah diidentifikasi, termasuk modul pengelolaan keuangan, modul pengelolaan persediaan, dan modul pelaporan keuangan. Sistem informasi akuntansi yang diusulkan akan memungkinkan UMKM Vapor Aing untuk mengotomatiskan proses akuntansi, meningkatkan akurasi pelaporan, dan mempercepat pengambilan keputusan berdasarkan informasi keuangan yang tepat waktu dan sesuai dengan SAK-EMKM.
Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam pengembangan sistem informasi akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan UMKM, khususnya pada industri vaporizer. UMKM Vapor Aing dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai panduan dalam mengimplementasikan sistem informasi akuntansi yang lebih efektif dan efisien. Selain itu, penelitian ini juga dapat memberikan pemahaman yang lebih luas tentang peran dan manfaat sistem informasi akuntansi dalam konteks UMKM.

Kata kunci: Sistem Informasi Akuntansi, UMKM, Analisis, Perancangan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Str. AK Alutfi Wibowo
Date Deposited: 14 Dec 2023 04:02
Last Modified: 14 Dec 2023 04:02
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/16000

Actions (login required)

View Item
View Item