ANALISIS PENINGKATAN EFISIENSI DAN PRODUKTIVITAS MESIN CNC LASER CUTTING DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) DI PT. XYZ

1902411004, Kholina (2023) ANALISIS PENINGKATAN EFISIENSI DAN PRODUKTIVITAS MESIN CNC LASER CUTTING DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) DI PT. XYZ. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi_Bab 1_Bab 5_Daftar Pustaka_Lampiran] Text (Halaman Identitas Skripsi_Bab 1_Bab 5_Daftar Pustaka_Lampiran)
Halaman Identitas, Bab 1, Bab 5, Lampiran-Kholina.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s.d Bab 4] Text (Isi Bab 2 s.d Bab 4)
Isi (Bab 2 s.d Bab 4)-Kholina.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Jurnal Semnas_Kholina_Manufaktur.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (164kB)

Abstrak

Pengukuran efisiensi dan produktivitas sangat penting bagi perusahan untuk memperoleh keberhasilan proses produksi. PT. XYZ belum ada metode pengukuran efisiensi dan produktivitas yang dilakukan untuk mesin CNC laser cutting serta terganggunya produksi bahkan pemberhentian produksi karena mesin mengalami kerusakan. Mesin-mesin tersebut memerlukan pengukuran efisiensi dan produktivitas untuk mengevaluasi dalam pengelolaan faktor produksi. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan analisis untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas mesin CNC Laser Cutting dengan menerapkan metode Data Envelopment Analysis (DEA). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi dan produktivitas mesin CNC Laser Cutting serta memberikan rekomendasi perbaikan untuk peningkatan kinerja yang lebih baik. Metode yang digunakan adalah metode Data Envelopment Analysis (DEA). Sedangkan faktor-faktor produksi yang dianalisis adalah jam operasional, material, tenaga kerja dan total produksi. Hasil dari penelitian menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) dengan bantuan software Win4DEAP yaitu mesin yang memiliki tingkat efisiensi tinggi ialah DMU 3 (mesin 3) dengan nilai rata-rata efisiensi dalam lima bulan yaitu 0.969 atau 96.9%. Untuk mesin yang memiliki tingkat efisiensi paling rendah yaitu DMU 5 (mesin 5) dengan nilai rata-rata efisiensi yaitu 0.652 atau 65.2%. Penyebab dari penurunan efisiensi dan produktivitas mesin tersebut yaitu ada 4 faktor yakni faktor mesin, faktor manusia, faktor material, dan faktor metode.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Manufaktur D4
User ID Pengunggah: Kholina Lina
Date Deposited: 12 Dec 2023 01:57
Last Modified: 12 Dec 2023 01:57
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15983

Actions (login required)

View Item
View Item