PENGARUH ENDAPAN GARAM DAN MINERAL PADA TUBE BRINE HEATER TERHADAP EFESIENSI HEAT TRANSFER

1902421026, Dicky Marhan Alarick (2023) PENGARUH ENDAPAN GARAM DAN MINERAL PADA TUBE BRINE HEATER TERHADAP EFESIENSI HEAT TRANSFER. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi (Judul, Bab 1, dan Bab 5)] Text (Halaman Identitas Skripsi (Judul, Bab 1, dan Bab 5))
Halaman identitas skripsi.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
Text (Isi (Bab 2 - Bab 4)).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah (jurnal)] Text (Manuskrip artikel ilmiah (jurnal))
Jurnal Manuskript.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (303kB)

Abstrak

Pengendapan merupakan fenomena yang terjadi pada setiap pipa atau bagian lain pada alat penukar panas yang dialiri fluida. Pada penelitian ini akan membahas pengaruh dari endapan garam dan mineral pada sisi pipa pemanas air laut terhadap efektifitas perpindahan panas dari brine heater tersebut. Pemanas air laut merupakan alat penukar kalor yang berfungsi untuk memanaskan air laut menjadi suhu terbaik pemanas air laut yakni 108 derajat celsius sampai 109 derajat celsius. Nilai suhu terbaik pemanas air laut. Pengendapan garam dan mineral tersebut menyebabkan penebalan dinding pipa pemanas air laut. Oleh karena itu penulis berusaha untuk menganalisis pengaruh dari endapan garam dan mineral terhadap efektifitas dari pemanas air laut itu sendiri. Hasil analisis efektifitas pemanas air laut dimulai dari perhitungan nilai keselurhan koefisien perpindahan panas dalam kondisi bersih sebesar 1153,8 W/m^2 K dan pada kondisi kotor sebesar 1131,13 W/m^2 K. Sedangkan hasil analisis efektifitas perpindahan panas pada pemanas air laut mengalami penurunan dari yang semula adalah 57,6 persen menjadi 56,44 persen penurunan ditaksir sebesar 1,23 persen. Penurunan yang tidak drastis dapat terjadi karena ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nilai efektifitas pemanas air laut. Namun dapat disimpulkan bahwa efektifitas perpindahan panas pada pemanas air laut mengalami penurunan akibat penebalan scaling pada dinding pipa pemanas air laut.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 602 Aneka ragam tentang teknologi dan ilmu terapan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Pembangkit Tenaga Listrik D4
User ID Pengunggah: Dicky Marhan Alarick
Date Deposited: 05 Dec 2023 06:51
Last Modified: 05 Dec 2023 06:51
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15963

Actions (login required)

View Item
View Item