RE-DESAIN KOMPONEN INTERMEDIATE RECLAIMER 32A-RE1 DENGAN PENDEKATAN DFA (DESAIN FOR ASSEMBLY)

2002413011, Aprila Lintang Suwanto (2023) RE-DESAIN KOMPONEN INTERMEDIATE RECLAIMER 32A-RE1 DENGAN PENDEKATAN DFA (DESAIN FOR ASSEMBLY). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab4] Text (Isi Bab 2 sd Bab4)
IsiBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (627kB)

Abstrak

Reclaimer merupakan salah satu unit yang digunakan pada industri manufaktur semen. Reclaimer berfungsi sebagai alat penggaruk dan penyeragaman awal bahan baku material sebelum kepada proses penggilingan. Pada PT SBI reclaimer yang digunakan untuk material pasir besi, silika, shale yaitu tipe side scraper. Scraper atau penggaruk diputar oleh motor yang sistem penerus daya sprocket dan rantai. Reclaimer memiliki tiga sprocket yang berada di kedua ujung dan tengah (intermediate). Bearing merupakan salah satu bagian penting pada komponen sprocket intermediate. Kerusakan bearing menyebabkan reclaimer tidak dapat beroperasi dan perlu dilakukan penggantian part. Penggatian part bearing dengan waktu yang lama menyebabkan mesin lain menjadi downtime sehingga kerugian biaya semakin tinggi. Oleh karena itu penelitian skripsi ini bertujuan untuk melakukan re-desain komponen intermediate untuk menurunkanm waktu penggantian bearing dengan pendekatan design for assembly. Pendekatan tersebut membantu dalam proses pengembangan desain dengan berorientasi pengurangan jumlah part dan operasi perakitan. Metode yang digunakan pada penelitian skripsi ini yaitu melakukan analisis masalah, observasi, wawancara, analisis desain for assembly, perancangan, realisasi, Uji coba, dan evaluasi. Kesimpulan dari penelitian yaitu terdapat peningkatan efisiensi desain
menjadi 26,7% dan operasi penggantian sebesar 11,9%. Biaya pembuatan komponen berkurang menjadi Rp3.314.222. Total peluang benefit dari hasil implementasi re-desain baru adalah Rp Rp47.156.379.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 680 Manufaktur untuk penggunaan khusus > 680 Produksi untuk keperluan khusus
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Manufaktur D4
User ID Pengunggah: Aprila Lintang Suwanto
Date Deposited: 29 Nov 2023 01:03
Last Modified: 29 Nov 2023 01:03
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15929

Actions (login required)

View Item
View Item