ANALISIS KONSUMSI ENERGI PADA SEPEDA MOTOR LISTRIK PROTOTIPE PAUSE -AP1 1500 WATT

ANDRIANSYAH, WAHID (2023) ANALISIS KONSUMSI ENERGI PADA SEPEDA MOTOR LISTRIK PROTOTIPE PAUSE -AP1 1500 WATT. D4 thesis, politeknik negeri jakarta.

[thumbnail of BAB2 sampai BAB 4] Text (BAB2 sampai BAB 4)
BAB II BAB 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Seminar nasional..pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (579kB)
[thumbnail of Laporan Skripsi] Text (Laporan Skripsi)
Reposiory Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Energi terbarukan (ET) di sektor transportasi kini menjadi fokus penting dalam upaya mengurangi dampak karbon. Kendaraan listrik (EV), seperti sepeda listrik dan sepeda motor listrik, menjadi pilihan utama untuk mengurangi emisi dan meningkatkan efisiensi. Penelitian ini difokuskan pada sepeda motor listrik dengan motor Brushless Direct Current (BLDC). Efisiensi BLDC dalam menghadapi medan menanjak dan beban penumpang dianalisis secara dinamis. Penelitian ini melibatkan pengujian dinamis sepeda motor listrik dalam berbagai kondisi medan jalan yang melandai dengan elevasi 10° dan 16°, serta variasi berat beban penumpang. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Speed mode memiliki dampak yang signifikan terhadap konsumsi energi, dengan Speed mode tertentu yang lebih efisien dalam mengatasi medan jalan yang menanjak. Hasil ini memberikan panduan bagi pengembangan kendaraan listrik yang lebih efisien dan optimal dalam berbagai situasi. Dalam kesimpulannya, penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang performa sepeda motor listrik dalam kondisi nyata, terutama dalam menghadapi medan jalan yang menanjak dan variasi berat penumpang. Hasil analisis konsumsi energi dan performa motor dalam berbagai skenario dapat menjadi dasar untuk pengembangan teknologi kendaraan listrik yang lebih canggih dan ramah lingkungan, berkontribusi pada upaya global dalam mengurangi emisi karbon dan mencapai keberlanjutan lingkungan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Manufaktur D4
User ID Pengunggah: wahid andriansyah
Date Deposited: 22 Nov 2023 09:18
Last Modified: 22 Nov 2023 09:18
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15893

Actions (login required)

View Item
View Item