STUDI KEGAGALAN PRODUKSI AIR SIRAM TANAMAN HASIL SISTEM REVERSE OSMOSIS DARI AIR LIMBAH DOMESTIK DI KANTOR PLN UP3 CEMPAKA PUTIH

2002311057, Yusri Ashari (2023) STUDI KEGAGALAN PRODUKSI AIR SIRAM TANAMAN HASIL SISTEM REVERSE OSMOSIS DARI AIR LIMBAH DOMESTIK DI KANTOR PLN UP3 CEMPAKA PUTIH. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas dan Judul] Text (Halaman Identitas dan Judul)
Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2-4] Text (Isi Bab 2-4)
ISI BAB 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Menuskrip] Text (Menuskrip)
Menuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (459kB)

Abstrak

Air limbah (wastewater) adalah kotoran dari masyarakat dan rumah tangga dan juga yang berasal dari industri, air tanah, air permukaan serta buangan lainnya. Dengan demikian air buangan ini merupakan hal yang bersifat kotoran umum. Air limbah domestik merujuk pada air yang terkontaminasi yang dihasilkan dari kegiatan sehari-hari di rumah tangga. Sistem Reverse osmosis membutuhkan perawatan yang teratur dan tepat agar dapat beroperasi secara efektif. Jika tidak dilakukan pemeliharaan yang cukup, misalnya tidak ada pembersihan atau penggantian membran yang tepat waktu, maka performa sistem RO dapat menurun dan menyebabkan kegagalan. Untuk mengetahui akar penyebab menurunnya air hasil produksi pada system reverse osmosis, digunakan Fishbone diagram untuk mengidentifikasi dan mengorganisasi kemungkinan penyebab yang dapat mempengaruhi efek spesifik dengan tujuan untuk memisahkan dan menentukan akar penyebabnya. Berdasarkan analisis menggunakan metode Fishbone terhadap faktor-faktor penyebab menurunnya produksi pada sistem Reverse Osmosis (RO), dapat disimpulkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja sistem RO. Faktor-faktor tersebut meliputi faktor material diman kualitas raw water mengalami peningkatan TDS dan faktor man dimana pnggantian komponen yang tertunda dan pengawasan yang tidak efektif. Penyebab menurunnya produksi pada sistem Reverse Osmosis (RO) dapat disimpulkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja sistem RO. Faktor-faktor tersebut meliputi faktor material dimana kualitas raw water mengalami peningkatan TDS dan faktor man dimana pnggantian komponen yang tertunda. Untuk dampak yang dihasilkan yaitu Pencemaran lingkungan, Jika produksi air RO menurun, maka kemungkinan air limbah yang dihasilkan juga berkurang. Namun, jika sistem RO tidak dikelola dengan baik, air limbah yang dihasilkan tetap dapat mencemari lingkungan dan mengganggu ekosistem.

Kata kunci : Air limbah domestik, Reverse Osmosis, metode Fishbone

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: A.md Yusril Ashari
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:51
Last Modified: 01 Nov 2023 07:51
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15806

Actions (login required)

View Item
View Item