PENGARUH JENIS MATERIAL SHEET METAL DAN RADIUS LENGKUNGAN DIES SET PAD DAN PUNCH TERHADAP HASIL SUDUT TEKUK PROSES U-DIE BENDING

1902411027, Rayhan Janatama (2023) PENGARUH JENIS MATERIAL SHEET METAL DAN RADIUS LENGKUNGAN DIES SET PAD DAN PUNCH TERHADAP HASIL SUDUT TEKUK PROSES U-DIE BENDING. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas.pdf] Text
Halaman Identitas.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ISI.pdf] Text
ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (677kB)

Abstrak

Permasalahan utama yang sering terjadi pada proses u-bending yaitu adanya fenomena springback yang merupakan kecenderungan suatu material mengalami gaya balik ke arah bentuk semula setelah proses bending selesai dilakukan. Hal tersebut menjadikan hasil sudut tekuk pada proses bending tidak memiliki nilai sudut tekuk yang akurat dengan apa yang diinginkan dan mempengaruhi pada dimensi akhir dari benda yang akan dilakukan proses selanjutnya. Beberapa faktor yang mempengaruhi pada hasil sudut tekuk proses bending adalah jenis material, penggunaan metode bending, die clearence, gaya penekanan dan ketebalan material. Penelitian ini dilakukan untuk menegetahui pengaruh penggunaan jenis material yang berbeda dan penggunaan radius lengkungan pad dan punch yang bervariasi terhadap hasil sudut tekuk yang diperoleh dengan menggunakan sudut bending 90°. Hasilnya, penggunaan material SS400 memiliki hasil sudut tekuk yang paling mendekati 90° yaitu dengan rata-rata sebesar 90.20° dan penggunaan radius lengkungan pad dan punch sebesar 143.71 mm mampu mengurangi efek springback dengan rata-rata sudut tekuk sebesar 90.37°. Selain itu, hasil analisis variansi dua jalur (Two-Way ANOVA) menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics menunjukkan bahwa parameter jenis material dan radius bending metode arc bottoming berpengaruh secara signifikan terhadap hasil sudut tekuk u-bending.
Kata-kata kunci: Sudut Tekuk, Radius Lengkungan Pad, Radius Lengkungan Punch, Jenis Material, ANOVA

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Manufaktur D4
User ID Pengunggah: Rayhan Janatama
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:44
Last Modified: 07 Nov 2023 01:44
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15800

Actions (login required)

View Item
View Item