MODIFIKASI SISTEM PENGONTROLAN ELECTROSTATIC PRECIPITATOR 424-EP1 UNTUK MENGHEMAT ENERGY LISTRIK

2002315048, Muhamad Jakaria (2023) MODIFIKASI SISTEM PENGONTROLAN ELECTROSTATIC PRECIPITATOR 424-EP1 UNTUK MENGHEMAT ENERGY LISTRIK. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Muhamad Jakaria_Bagian Identitas Skripsi & Penutup Bab 5.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Muhamad Jakaria_Isi Bab 2 sd Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Muhamad Jakaria.Manuskript2023.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Electrostatic precipitator (ESP) merupakan salah satu jenis penangkap debu yang menggunakan system electromagnetic dengan tegangan (kV) dan arus (mA) sebagai parameter pemisah antara material dan gas. Penggunaan kV dan mA pada (ESP) 424-EP1 perlu diperhatikan, karena selama ini penggunaan nya belum memiliki standar atau acuan yang dapat menjadi pedoman dalam melakukan setting untuk menaikkan atau menurunkan tegangan. Kenaikkan atau penurunan pada debu selalu berubah-ubah setiap detiknya, tergantung dengan jumlah dust yang masuk ke dalam (ESP). Karena (ESP) adalah alat filterisasi yang menggunakan energy listrik sebagai sumbernya maka, diharapkan penggunaan energy listrik yang digunakan oleh (ESP) dapat dikurangi dengan pengontrolan secara otomatis melalui control room yang berfokus dengan 2 bank yaitu F1B2 dan F1B3 pada 424-EP1. Alat yang paling penting dalam modifikasi ini adalah modbus TCP yang berfungsi sebagai alat yang menghubungkan perangkat-perangkat yang terletak dilokasi berbeda secara efisien dengan kendali jarak jauh melalui Central Control Room(CCR). System pengontrolan secara otomatis telah dilakukan dengan penurunan konsumsi daya energy listrik sebesar 43 persen yang berhasil dikurangi pada F1B2 dan F1B3. Namun system control ini perlu disesuaikan kembali dengan banyaknya spark rate yang terjadi akibat dari proses sebelumnya, dan perlunya Preventive Maintenance Routine (PMR) pada panel control untuk menyamakan pengukuran dengan (CCR).

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 622 Teknik tambang dan teknik pertambangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 629 Cabang teknik lainnya
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: A.Md.T Muhamad Jakaria
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:45
Last Modified: 27 Oct 2023 02:45
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15718

Actions (login required)

View Item
View Item