ANALISIS LAJU KOROSI PADA JALUR PIPA STEAM LINE DI PLTP PATUHA

1902421019, Muhammad Rafsya Firdaus (2023) ANALISIS LAJU KOROSI PADA JALUR PIPA STEAM LINE DI PLTP PATUHA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi (Judul, Bab 1, dan Bab 5)] Text (Halaman Identitas Skripsi (Judul, Bab 1, dan Bab 5))
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 - Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 - Bab 4))
ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (265kB)

Abstrak

Korosi yang terjadi pada pipa steam line di PLTP Patuha disebabkan oleh gas H2S dan CO2 bersifat korosif yang berasal dari reservoar panas bumi sehingga penggunaan selama operasi terjadi penipisan didalam pipa yang dapat memengaruhi sisa umur pipa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil perhitungan laju korosi yang dapat memengaruhi sisa umur pipa dan perhitungan komposisi CO2 dan H2S menggunakan software Aspen Hysys dan membandingkan komposisi CO2 dan H2S dan temperatur terhadap hasil laju korosi disetiap header. Perhitungan laju korosi menggunakan metode point to point dan sisa umur sesuai dengan standar API 570, dan perhitungan komposisi CO2 dan H2S menggunakan Aspen Hysys dengan memasukkan data sumur berupa temperatur, tekanan, mass flow, dan komposisi CO2 dan H2S dan digabungkan menggunakan mixer. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa laju korosi pada pipa steam line berada dalam rentang 0.02 - 0.1 mm/yr dengan ketahanan relatif korosi baik yang dimana terdapat hubungan antara laju korosi dan sisa umur yaitu semakin rendah laju korosi maka sisa umur pipa semakin panjang dan terdapat pengaruh komposisi H2S dan CO2 terhadap laju korosi yang dimana semakin tinggi komposisinya maka laju korosi akan semakin tinggi dan semakin tinggi temperatur maka laju korosi akan semakin tinggi dikarenakan temperatur dapat mempercepat reaksi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 500 – Ilmu Pengetahuan > 550 Ilmu bumi dan geologi > 550 Ilmu bumi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Pembangkit Tenaga Listrik D4
User ID Pengunggah: Muhammad Rafsya Firdaus
Date Deposited: 24 Oct 2023 03:32
Last Modified: 24 Oct 2023 03:32
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15695

Actions (login required)

View Item
View Item