BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PRODUK LIPSTIK WARDAH

4517030011, Pratiwi Dyah Febriani (2023) BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PRODUK LIPSTIK WARDAH. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas_Pratiwi Dyah Febriani_4517030011.pdf] Text
Halaman Identitas_Pratiwi Dyah Febriani_4517030011.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Isi_Pratiwi Dyah Febriani_4517030011.pdf] Text
Isi_Pratiwi Dyah Febriani_4517030011.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Lipstik adalah produk kecantikan yang diletakan dan memberikan warna pada bibir. Lipstik Wardah menjadi brand yang paling populer selama tiga tahun berturut-turut dari tahun 2020 hingga pertengahan 2022 ini dan bersaing dengan brand besar asal luar negeri seperti Revlon dan Maybelline yang sudah ada sejak lama dan menguasai pasar dunia menurut Top Brand Award 2022. Selama tiga tahun kebelakang, Wardah menjadi brand kosmetik terpopuler di Indonesia namun jumlah penjualan kalah bersaing bahkan dengan brand pendatang yang muncul dipasaran baru-baru ini. Penjualan rendah menandakan citra yang dibangun oleh perusahaan kurang mendapatkan kepercayaan dari konsumen untuk menggunakan produk Wardah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh secara parsial dan simultan antara brand image dan brand trust terhadap brand loyalty produk lipstik Wardah pada pengikut akun sosial media Twitter @ohmybeautybank. Terdapat satu juta populasi yang ada dan dengan perhitungan Slovin didapatkan 100 sampel dan diberikan kuesioner. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk menjaga loyalitas pelanggan agar setia menggunakan produk lipstik Wardah. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi liner berganda, uji koefisien determinasi, uji T, dan uji F. Penelitian ini menggunakan deskrisptif kausal dengan pengolahan data dari SPSS versi 26.0. Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda diperoleh persamaan brand loyalty -26,220 + 0,937 X1 (brand image) + 1,074 X2 (brand trust) + e. Nilai konstanta sebesar -26,220 memiliki arti variabel brand loyalty (Y) dipengaruhi oleh dua variabel bebas yang diteliti. Koefisien regresi untuk variabel brand image (X1) dan variabel brand trust (X2) bernilai positif yang berarti setiap penambahan brand image (X1) dan variabel brand trust (X2) akan meningkatkan brand loyalty (Y). Nilai koefisien R square (R2) sebesar 0,717 atau 71,7%. Jadi besar pengaruh variabel brand image dan brand trust terhadap brand loyalty sebesar 0,717 atau 71,7% ini bernilai besar unuk mempengaruhi. Hasil uji T mendapatkan nilai t hitung variabel brand image (X1) sebesar 3,518 > nilai t tabel 1.985 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Dengan nilai signifikansi tersebut, maka brand image (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap brand loyalty (Y). Sedangkan untuk nilai t hitung variabel brand trust (X2) sebesar 4,318 > nilai t tabel 1.985, artinya brand trust (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap brand loyalty (Y). Hasil uji F memiliki nilai signifikansi untuk brand image (X1) dan brand trust (X2) terhadap brand loyalty (Y) adalah 0,000 < 0,05 dan dengan nilai f hitung 122,739 > nilai f tabel 3,09. Hal tersebut membuktikan secara bersama-sama terdapat pengaruh brand image (X1) dan brand trust (X2) terhadap brand loyalty (Y) secara signifikan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338 Produksi
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Pratiwi Dyah Febriani
Date Deposited: 23 Oct 2023 04:40
Last Modified: 23 Oct 2023 04:40
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15677

Actions (login required)

View Item
View Item