PERENCANAAN SISTEM MONITORING & KONTROL CERDAS BERBASIS IOT MENGGUNAKAN METODE MANAGEMENT PROJECT DAN ANALISIS KELAYAKAN USAHA

Muhammad Farid Aditya Rahman, Muhammad Farid Aditya Rahman (2023) PERENCANAAN SISTEM MONITORING & KONTROL CERDAS BERBASIS IOT MENGGUNAKAN METODE MANAGEMENT PROJECT DAN ANALISIS KELAYAKAN USAHA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of ISI Bab 2 sd. Bab 4] Text (ISI Bab 2 sd. Bab 4)
Isi (2-4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (984kB) | Request a copy
[thumbnail of manuskrip] Text (manuskrip)
manuskrip .pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (817kB) | Request a copy
[thumbnail of Halaman Identitas (Bab 1&5)] Text (Halaman Identitas (Bab 1&5))
Halaman Identitas.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Berbagai sistem PLTS telah terpasang di Laboratorium Energi Politeknik Negeri Jakarta, mulai dari sistem on grid, off grid, dan SHS,dan berbagai sumber PLTH, PLN, dan Generator Set (Genset.) Namun, permasalahan yang terjadi disana yaitu sistem hybrid di ruangan Lab. Solar Sistem PNJ tidak dapat dimonitor dengan mudah dan dikontrol dengan otomatis. Akibat dari permasalahan tersebut pemantauan kinerja sistem hybrid dan pembelajaran di Lab. Solar Sistem PNJ tidak dapat dilakukan secara optimal. Sumber listrik yang ada di dalam lab dapat digabung dalam system Hybrid PLTS dan genset dengan metode switch menggunakan sistem kontrol switch ATS dan monitoringnya untuk pembelajaran mahasiswa. Tujuan penelitian ini nantinya akan dianalisa nilai ekonomis dan penggunaan switch ATS untuk berbagai konsep dalam menghemat listrik pada periode waktu tertentu menggunakan analisa manajemen projek sehingga dapat melihat kelayakan projek ini untuk diterapkan atau tidak. Metode pada penelitian ini adalah dengan menghitung nilai kelayakan ekonomis maka mencari nilai Internal Rate of Return(IRR), NPV, Payback Period menggunakan software Microsoft excel dan menganalisa resiko proyek. Hasil yang didapatkan pada proyek ini nilai IRR > Tingkat suku bunga yaitu 6.51%>5.75%. Nilai NPV yang didapatkan adalah Rp. Rp.572.252dengan payback periode pada tahun ke-12. Dari hasil yang didapatkan maka proyek ini dinyatakan layak untuk dilanjutkan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 537 Listrik dan elektronik
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Konversi Energi D4
User ID Pengunggah: S.Tr.T Muhammad Farid Aditya Rahman
Date Deposited: 03 Nov 2023 02:03
Last Modified: 03 Nov 2023 02:03
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15669

Actions (login required)

View Item
View Item