RANCANGAN USAHA JASA PERJALANAN INSENTIF KE KARIMUNJAWA DENGAN KONSEP SUSTAINABLE TOURISM DAN ECO-TOURISM OLEH CV THE GAYATRI INDONESIA

1905413004, Aviliani Septiana and 1905413057, Joana Zahra Kamilia Sunardi and 1905413042, Wulan Riyanti (2023) RANCANGAN USAHA JASA PERJALANAN INSENTIF KE KARIMUNJAWA DENGAN KONSEP SUSTAINABLE TOURISM DAN ECO-TOURISM OLEH CV THE GAYATRI INDONESIA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of ISI Business Plan CV The Gayatri Indonesia MICE 8C] Text (ISI Business Plan CV The Gayatri Indonesia MICE 8C)
ISI Business Plan CV The Gayatri Indonesia MICE 8C WM FIX.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Halaman Identitas Business Plan CV The Gayatri Indonesia MICE 8C] Text (Halaman Identitas Business Plan CV The Gayatri Indonesia MICE 8C)
Halaman Identitas_Business Plan CV The Gayatri Indonesia MICE 8C WM FIX.pdf

Download (9MB)

Abstrak

CV The Gayatri Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang usaha perjalanan wisata perencanaan dan pelaksanaan insentif travel ke Karimun Jawa, Jawa Tengah. CV The Gayatri Indonesia berdiri pada tahun 2023 oleh 3 (tiga) orang mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta dengan Program Studi MICE yaitu Aviliani Septiana, Joana Zahra K. S., dan Wulan Riyanti. Perusahaan ini berlokasi di Jl. Raya Kebayoran Lama No. 14 RT.04/RW.01 Kel. Grogol Utara Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12210. Lokasi tersebut dipilih dikarenakan daerahnya yang strategis dan dekat dengan transportasi umum sekaligus menyesuaikan dengan daerah target pasar CV The Gayatri Indonesia yakni Perusahaan F&B di DKI Jakarta. Perjalanan insentif pada CV The Gayatri Indonesia menggunakan konsep sustainable tourism dan eco tourism dimana kedua konsep tersebut teraplikasi pada setiap program yang dilaksanakan pada setiap perjalanan. Perusahaan F&B, terutama di daerah Jakarta, masuk dalam salah satu industri yang memiliki laju pertumbuhan yang menurun setelah pandemi COVID19. Banyak dari perusahaan F&B tersebut memilih untuk tutup dan perusahaan yang tersisa harus berusaha untuk mengembalikan angka pertumbuhan seperti tahun sebelumnya.

Berdasarkan riset yang kami lakukan kepada 25 perusahaan F&B di Jakarta, kami mengetahui bahwa perjalanan insentif sudah cukup sering dilaksanakan oleh perusahaan F&B di Jakarta yang sudah berdiri lebih dari lima tahun. Riset kami menunjukkan bahwa perjalanan insentif ini masih lebih banyak dilaksanakan oleh panitia internal perusahaan dibandingkan perusahaan DMC. Hal ini yang menjadi alasan CV The Gayatri Indonesia untuk membidik perusahaan F&B di Jakarta yang sudah berdiri selama minimal lima tahun dan sudah pernah melaksanakan perjalanan insentif namun belum menggunakan jasa DMC.

CV The Gayatri Indonesia menawarkan produk perjalanan insentif 3 hari 2 malam untuk 20 pax dengan metode tailor made dimana klien dapat memilih sendiri lokasi wisata
yang diinginkan dan merancang paket perjalanan yang berbeda dengan memenuhi harga minimum yakni Rp6.000.000. Modal awal CV The Gayatri Indonesia berasal dari investasi ketiga pendiri dengan jumlah Rp90.000.000. Dalam memasarkan produk, CV The Gayatri Indonesia akan banyak menggunakan metode digital melalui media sosial, website serta personal selling dengan mengikuti event dan telemarketing. Adapun paket perjalanannya dibagi menjadi dua yaitu Nature Hopping yang berfokus pada lokasi wisata alam dan Culture & Community yang merupakan paket dengan lokasi wisata berhubungan dengan budaya dan komunitas lokal Karimunjawa dan UMKM. CV The Gayatri Indonesia menargetkan 7 perjalanan pada tahun pertama yaitu 2024, 8 perjalanan di tahun 2025, 9 perjalanan di tahun 2026, 10 perjalanan di tahun 2027, dan 11 perjalanan di tahun 2028. Adapun harga akan meningkat sebesar 3% di tahun keempat untuk mengantisipasi inflasi yang mungkin terjadi. CV The Gayatri Indonesia telah menghitung periode pengembalian investasi dan diketahui bahwa pengembalian investasi perusahaan adalah dalam waktu 2 tahun 1 bulan 3 hari. Kelayakan investasi bisnis CV The Gayatri Indonesia juga sudah dilakukan menggunakan Initial Rate of Return, Return on Investment, serta Profitability Index, yang membuktikan bahwa CV The Gayatri Indonesia layak untuk dijalankan sebagai usaha.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 354 Departemen perekonomian dan lingkungan
700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 702 Aneka ragam tentang kesenian dan karya seni
700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 790 Rekreasi dan seni pertunjukan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: S.Tr.Par Wulan Riyanti
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:16
Last Modified: 19 Oct 2023 07:16
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15589

Actions (login required)

View Item
View Item