RANCANGAN USAHA PENYELENGGARAAN POP UP MARKET DI JABODETABEK OLEH PT TALENTA TIGA TANGAN

1905413038, Dimas Alfarizi and 1905413090, Indira and 1905413011, Shafa Anisa Sallsabila (2023) RANCANGAN USAHA PENYELENGGARAAN POP UP MARKET DI JABODETABEK OLEH PT TALENTA TIGA TANGAN. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Tugas Akhir] Text (Halaman Identitas Tugas Akhir)
Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of BAB ISI] Text (BAB ISI)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)

Abstrak

PT Talenta Tiga Tangan merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penyelenggaraan event yaitu berupa Pop up Market atau Pameran. Perusahaan PT Talenta Tiga Tangan akan memulai kegiatan pra-operasional pada bulan Juni 2023, dan kegiatan operasional akan resmi dimulai pada bulan Januari 2024. PT Talenta Tiga Tangan didirikan oleh tiga orang Sarjana Terapan MICE dengan susunan organisasi perusahaan yang meliputi Direktur Utama, Direktur Keuangan dan Direktur Pemasaran. PT Talenta Tiga Tangan memiliki kantor perusahaan berupa ruko yang berlokasi di Jalan Nusantara Raya, Beji, Depok, Jawa Barat.
Produk utama PT Talenta Tiga Tangan adalah penyelenggaran Pop up Market yang memiliki nama Urban Market. Event Pop up Market ini merupakan sebuah konsep perdagangan yang melibatkan penjualan produk atau jasa dalam waktu terbatas dan tempat yang tidak permanen. Event pertama Urban Market akan dilaksanakan di Urban Forest, Cilandak, Jakarta Selatan dengan target exhibitors sebanyak 60. Dalam pelaksanaan event Urban Market memiliki dua kategori program, yaitu main program yang merupakan Pop up Market itu sendiri dan supporting program berupa stage activity dan crowd activity. PT Talenta Tiga Tangan juga memiliki produk pendukung yaitu jasa konsultasi dan pembuatan kebutuhan produksi pembangunan booth brand dalam penyelenggaraan sebuah event.
Berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan terkait ketertarikan dan kebutuhan exhibitors terhadap event Pop up Market menunjukan bahwa terdapat sebanyak 219 brand lokal yang tertarik dan 62 brand lokal yang tidak tertarik untuk mengikuti Pop up Market. Ketertarikan tersebut didasari oleh keinginan setiap brand lokal untuk memperkenalkan produk yang mereka miliki secara langsung. Hal ini menjadi peluang PT Talenta Tiga Tangan untuk hadir memberikan wadah kepada pelaku usaha untuk memperkenalkan produk dan jasa mereka, serta melakukan penjualan secara langusng. Melalui hal tersebut, terdapat strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Talenta Tiga Tangan dengan menggunakan bauran pemasaran 8P (Product, Price, Place, People, Promotion, Process, Physical Evidence, Productivity and Quality)
PT Talenta Tiga Tangan menargetkan penyelenggaraan event sebanyak satu kali pada tahun 2024, dua kali pada tahun 2025 dan 2026. Hal ini terukur dari perhitungan trend pasar dan perhitungan proyeksi penjualan. Modal awal PT Talenta Tiga Tangan berasal dari investasi yang diberikan oleh tiga orang pendiri perusahaan yang berjumlah Rp120.000.000,- (seratus dua puluh juta rupiah). Selain analisis pasar, PT Talenta Tiga Tangan juga melakukan Analisa kondisi keuangan perusahaan selama 3 tahun mendatang.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 790 Rekreasi dan seni pertunjukan
700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 791 Pertunjukan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: Indira Safira
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:16
Last Modified: 18 Oct 2023 07:16
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15474

Actions (login required)

View Item
View Item