ANALISIS LEAN WAREHOUSE UNTUK MEMINIMALISASI PEMBOROSAN (WASTE) INBOUND ACTVITY MENGGUNAKAN METODE VALUE STREAM MAPPING PADA WAREHOUSE PT XYZ

1905421024, Fitri Rachmanisa (2023) ANALISIS LEAN WAREHOUSE UNTUK MEMINIMALISASI PEMBOROSAN (WASTE) INBOUND ACTVITY MENGGUNAKAN METODE VALUE STREAM MAPPING PADA WAREHOUSE PT XYZ. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Cover, Pendahuluan, Penutup.pdf] Text
Cover, Pendahuluan, Penutup.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Bab II s.d. IV Skripsi.pdf] Text
Bab II s.d. IV Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas apa saja yang menyebabkan pemborosan (waste) pada proses yang terjadi di bagian inbound sebuah warehouse di daerah kapuk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam menjaga kepuasan dan memenuhi permintaan konsumen, perusahaan selalu berusaha untuk meningkatkan efisiensi aktivitas yang ada di dalamnya. Untuk meningkatkan efisiensi tersebut diperlukan penerapan lean warehouse pada proses yang ada di dalam gudang, khususnya inbound. Dalam mengidentifikasi waste yang harus dieliminasi atau diminimalisasi, peneliti menggunakan metode value stream mapping yang digunakan untuk menggambar aliran informasi dan material, lalu dilanjutkan dengan pembuatan process activity mapping untuk mengidentifikasi aktivitas yang dilakukan termasuk ke kategori VA, NVA atau NNVA. Kemudian menganalisis akar penyebab waste tersebut menggunakan fishbone diagram dan mencari solusinya agar dapat diminimalisasi. Terdapat 3 waste yang teridentifikasi yaitu: waste transportation pada unloading & quality control, waste transportation pada putaway, dan waste waiting pada receive. Setelah dilakukan perbaikan maka akan terjadi penurunan pada nilai cycle time dan kenaikan pada nilai process cyle efficiency. Hal tersebut menandakan bahwa proses pada divisi inbound mengalami peningkatan efisiensi dan efektivitas kerja.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Fitri Rachmanisa
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:57
Last Modified: 18 Oct 2023 08:57
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15440

Actions (login required)

View Item
View Item