ANALISIS PENGARUH NILAI BUKAAN DIVERTER DAMPER STACK BYPASS PADA HRSG DI PLTGU

1902421017, Widya Djasmin (2023) ANALISIS PENGARUH NILAI BUKAAN DIVERTER DAMPER STACK BYPASS PADA HRSG DI PLTGU. D4 thesis, POLITEKNIK NEGERI JAKARTA.

[thumbnail of Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5).pdf] Text
Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5).pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 sd 4).pdf] Text
Isi (Bab 2 sd 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal).pdf] Text
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (418kB)

Abstrak

Pabrik Semen X memanfaatkan combine cycle yang terdiri dari siklus Rankine (turbin uap) dan siklus Brayton (siklus turbin gas) yang bertujuan untuk meningkatkan daya listrik yang dihasilkan dan efisiensi dari pembangkit yang dikenal dengan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU). Salah satu komponen penting dari PLTGU adalah Heat Recovery Steam Generator (HRSG) yang berfungsi untuk memproduksi uap dengan memanfaatkan panas gas buang yang berasal dari turbin gas. Laju aliran panas gas buang yang berasal dari turbin gas diatur akan digunakan kembali untuk pemanasan pada HRSG atau tidak, dengan menggunakan diverter damper pada stack bypass. Peneliti melakukan penelitian mengenai pengaruh nilai persentase bukaan damper saat terjadinya permasalahan di lapangan, dengan melakukan perbandingan saat kondisi nilai persentase bukaan damper sebesar 97% - fully open. Penelitian dilakukan bertujuan untuk menganalisis pengaruh nilai persentase bukaan damper terhadap daya listrik yang dihasilkan oleh turbin uap, daya listrik yang dihasilkan oleh sistem PLTGU, efisiensi HRSG dan Efisiensi PLTGU. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai persentase bukaan damper mempengaruhi efisiensi dari HRSG, efisiensi PLTGU, daya listrik yang dihasilkan oleh turbin uap dan PLTGU.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Pembangkit Tenaga Listrik D4
User ID Pengunggah: widya djasmin
Date Deposited: 25 Oct 2023 04:44
Last Modified: 25 Oct 2023 04:44
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15433

Actions (login required)

View Item
View Item