PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN PROTOTYPE FIXTURE UNTUK PROSES DRILLING PERFORATED PIPE

1902411026, Rizky Ali Ibrahim (2023) PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN PROTOTYPE FIXTURE UNTUK PROSES DRILLING PERFORATED PIPE. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi, Pembukaan (Bab 1), dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi, Pembukaan (Bab 1), dan Penutup (Bab 5))
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 sd Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 sd Bab 4))
Isi (Bab 2 sd Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (439kB)

Abstrak

PT. Revolutek Dananjaya Mandiri merupakan perusahan yang bergerak di bidang layanan migas. Salah satu produk yang dihasilkan adalah Perforated pipe, perforated pipe merupakan pipa yang di drill dengan banyak lubang pada permukaanya. Jumlah lubang maupun penempatannya dapat berbeda-beda tergantung keperluan. Dalam proses pengeborannya, penyesuain antara mata bor dan profil dari lubang yang akan di bor masih dilakukan secara manual oleh operator. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan perancangan drilling fixture yang mampu memudahkan pemosisian profil lubang yang akan di drill. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quality function deployment (QFD) untuk mendapatkan kebutuhan konsumen dan spesifikasi teknis. Hasil penelitian ini didapatkannya sebuah rancangan drilling fixture dengan kapasitas maksimum diameter pipa berukuran 17.78 cm dan dapat menahan bobot sebesar 451 Kg, yang dilengkapi empat buah roller untuk pergerakan secara rotary dan sistem rack dan pinion untuk pergerakan secara horizontal. Dihasilkan juga sebuah prototype dari fixture yang bisa dioperasikan dengan controller.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 680 Manufaktur untuk penggunaan khusus > 680 Produksi untuk keperluan khusus
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Manufaktur D4
User ID Pengunggah: Rizky Ali Ibrahim
Date Deposited: 16 Oct 2023 09:29
Last Modified: 16 Oct 2023 09:29
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15365

Actions (login required)

View Item
View Item