RANCANGAN USAHA JASA PELATIHAN EVENT MICE OLEH CV SHAMIMA MEKAR NAWASENA

1905413028, Marsha Reynita Aestika and 1905413068, Miftahul Haftuni Sakinamri and 1905413041, Sheila Odelia Kasmanto (2023) RANCANGAN USAHA JASA PELATIHAN EVENT MICE OLEH CV SHAMIMA MEKAR NAWASENA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas_CV Shamima Mekar Nawasena.pdf] Text
Halaman Identitas_CV Shamima Mekar Nawasena.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Isi_CV Shamima Mekar Nawasena.pdf] Text
Isi_CV Shamima Mekar Nawasena.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (836kB)

Abstrak

CV Shamima Mekar Nawasena adalah perusahaan yang bergerak dibidang usaha jasa penyedia pelatihan yang didirikan pada tahun 2023. Pendiri perusahaan terdiri dari tiga orang, yaitu Marsha Reynita Aestika, Miftahul Haftuni Sakinamri, dan Sheila Odelia Kasmanto. Modal awal yang dimiliki perusahaan berjumlah Rp90.000.000,- dengan pembagian persentase 50% dari CEO (Chief Executive
Officer), 25% dari CMO (Chief Marketing Officer), dan 25% dari CFO (Chief Financial Officer).

Produk utama perusahaan adalah pelatihan event MICE dengan harga paket Rp400.000 dan produk pendukung webinar dengan harga paket Rp90.000. Usaha ini termasuk ke dalam kategori Jasa Penyelenggara Event Khusus (Special Event) dengan nomor KBLI 82302.

Segmentasi pasar perusahaan adalah mahasiswa dan fresh graduate yang ingin bekerja di industri MICE yang belum memiliki latar belakang dibidang MICE atau ingin meningkatkan kompetensi. Target pasar yang dituju adalah mahasiswa dan fresh graduate yang ingin bekerja di Industri MICE tetapi belum memiliki latar belakang dibidang MICE/Event Management. Positioning produk CV Shamima
Mekar Nawasena adalah perusahaan penyedia pelatihan event MICE yang materinya mengikuti tren industri terbaru dengan harga yang terjangkau.

Strategi pemasaran perusahaan yang dilakukan adalah 7P, terdiri atas: product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Strategi yang digunakan dalam mempromosikan produk adalah strategi below the line atau
pemasaran langsung dari perusahaan kepada calon klien dengan teknik pemasaran yang terbagi menjadi advertising, personal selling, email promotion, social media promotion, influencer/KOL, dan promosi melalui event.

Berdasarkan perhitungan analisis Payback Period (PP), dapat diketahui bahwa modal awal akan kembali dalam waktu 2 tahun 6 bulan 28 hari. Selanjutnya, pada perhitungan Net Present Value (NPV), nilai yang diraih adalah Rp33.563.065,- dan NPV > 0.

Pada perhitungan Internal Rate of Return, persentase yang diraih sebesar 16%. Melalui perhitungan Return on Investment, persentase yang diraih perusahaan selama 3 (tiga) tahun, yaitu pada tahun pertama mencapai 21%, tahun kedua 28%, dan tahun ketiga sebesar 30%. Pada analisis terakhir yaitu Profitability Index (PI), CV Shamima Mekar Nawasena memperoleh nilai sebesar 1,372922942. Setelah melakukan seluruh analisis tersebut, dalam jangka panjang perusahaan akan layak
untuk dijalankan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338 Produksi
300 – Ilmu Sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 354 Departemen perekonomian dan lingkungan
700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 790 Rekreasi dan seni pertunjukan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: Marsha Reynita Aestika
Date Deposited: 18 Oct 2023 04:30
Last Modified: 18 Oct 2023 04:30
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15351

Actions (login required)

View Item
View Item