PERANCANGAN SISTEM INSPEKSI VISUAL PENANDA VOLUME PADA BOTOL SUSU BAYI BERBASIS MACHINE VISION

1902411030, Aisyah Sausanina (2023) PERANCANGAN SISTEM INSPEKSI VISUAL PENANDA VOLUME PADA BOTOL SUSU BAYI BERBASIS MACHINE VISION. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi dan Lampiran] Text (Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka / Referensi dan Lampiran)
Halaman Identitas Skripsi dan Lampiran.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2 s/d Bab 4] Text (Bab 2 s/d Bab 4)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Semnas_Aisyah Sausanina.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (329kB)

Abstrak

Botol susu merupakan alat yang digunakan untuk memberikan ASI atau susu formula kepada bayi. Penggunaannya dinilai efektif karena dianggap praktis dan efektif dalam proses menyusui bayi. Hasil cetak gambar takaran atau penanda volume menjadi salah satu hal yang penting karena penanda volume yang tidak akurat dapat mengakibatkan penyeduhan yang tidak tepat pada formula susu bayi yang merugikan kesehatan bayi. Sebuah studi menemukan bahwa terdapat botol susu bayi yang mempunyai penanda volume yang tidak akurat sehingga penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem yang membantu proses pengujian penanda volume pada botol susu bayi melalui penerapan prosedur yang sesuai dengan peraturan dan standar yang telah ditetapkan. Hasil dari penelitian ini diperoleh sistem inspeksi visual menggunakan model YOLOv4 Tiny yang mempunyai nilai mAP sebesar 98,6%. Sistem ini menggunakan komponen Camtech CT50 untuk menangkap citra, Raspberry Pi 4 untuk memroses citra, dan LCD TFT 5” untuk menampilkannya. Hasil pengujian menyatakan sistem mempunyai tingkat pengenalan sebesar 96,86%, dan dari uji coba pengukuran yang dilakukan pada sampel botol didapatkan akurasi sebesar 92,57%.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Manufaktur D4
User ID Pengunggah: Aisyah Sausanina
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:32
Last Modified: 18 Oct 2023 03:32
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15337

Actions (login required)

View Item
View Item