RANCANG BANGUN DIGITAL INVENTORY MANAJEMEN SISTEM UNTUK BAHAN BAKU SEMEN

Harahap, Sakinah Riskyta (2023) RANCANG BANGUN DIGITAL INVENTORY MANAJEMEN SISTEM UNTUK BAHAN BAKU SEMEN. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAB 1 Pendahuluan] Text (BAB 1 Pendahuluan)
Bagian 1.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of BAB 2 Tinjauan Pustaka] Text (BAB 2 Tinjauan Pustaka)
Bagian 2.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Jurnal Ilmiah] Text (Jurnal Ilmiah)
Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin_Rancang Bangun Digital Inventory Manajemen Sistem Untuk Bahan Baku Semen_Sakinah Riskyta Harahap (1).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (397kB) | Request a copy

Abstrak

Production Planning and Support Department berada di bawah Production Department, yang bertugas merancang dan meningkatkan sistem perencanaan melalui peningkatan konsep rekaya industri modern dan mengkombinasikan pendekatan teoritis dan empiris dalam proses pembuatan semen untuk mendukung pengurangan biaya produksi dengan optimalisasi proses perencanaan dan pengurangan inventaris. Production Planning Department memiliki 2 jenis objective, yaitu technical objective dan behavior objective. Production Planning bertugas juga sebagai penyedia Bahan Baku Semen yang akan digunakan sebagai bahan baku pembuatan semen diantaranya, limestone, shale, silica, iron sand, batu bara, gypsum, fly ash, dan filler. Untuk saat ini setiap data incoming, konsumsi, dan stok material di sajikan dalam bentuk data excel dengan beberapa file yang terpisah. Oleh karena itu diperlukannya dashboard atau manajemen yang mampu menyajikan informasi mengenai bahan baku Semen utama dari proses produksi semen secara sekilas dalam layar tunggal. Pembuatan model memperhatikan 3 (tiga) aspek utama dashboard yaitu penyajian data/informasi, personalisasi, dan kolaborasi antar pengguna. Model yang dihasilkan digunakan untuk pengembangan dashboard bagi kebutuhan monitoring dan evaluasi kinerja serta sebagai alat bantu pengambilan keputusan. Monitoring dan evaluasi kinerja dapat dilakukan secara terus menerus oleh user. Secara umum dapat dinyatakan bahwa kebutuhan yang terkait aspek penyajian data/informasi, personalisasi, dan performansi merupakan hal yang dianggap penting untuk sebuah dashboard.
Kata-kata kunci: Managemen Dan Analisa Performa, Penyimpanan Dan Penyajian Data

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 629 Cabang teknik lainnya
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Sakinah Harahap
Date Deposited: 16 Oct 2023 05:42
Last Modified: 17 Oct 2023 06:32
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15328

Actions (login required)

View Item
View Item