ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA PLATE HEAT EXCHANGER DENGAN SHELL AND TUBE HEAT EXCHANGER UNTUK OIL COOLER PLTU SEBALANG

1902421013, Arva Keshena Azya (2023) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA PLATE HEAT EXCHANGER DENGAN SHELL AND TUBE HEAT EXCHANGER UNTUK OIL COOLER PLTU SEBALANG. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (511kB)

Abstrak

Pada turbin uap PLTU Sebalang ditemukan water content pada lube oil. Berdasarkan diagnosa, water content pada lube oil pada turbin unit 2 berada di angka 3490 ppm - 6500 ppm. Sementara toleransi water content yang normal berada di angka 300 ppm. Penyebab water content pada lube oil salah satunya disebabkan karena kerusakan pada lube oil cooler. Adapun rekomendasi dari pihak tim pemeliharaan turbin PLTU Sebalang untuk mengganti plate heat exchanger dengan shell and tube heat exchanger yang digunakan PLTU Tarahan untuk lube oil cooler PLTU Sebalang. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung kinerja plate heat exchanger PLTU sebalang, menghitung kinerja shell and tube heat exchanger PLTU Tarahan menggunakan parameter operasi PLTU Sebalang, dan memberikan hasil perbandingan kinerja plate heat exchanger dengan shell and tube heat exchanger. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif untuk menghitung variabel-variabel dari data yang ada menggunakan persamaan-persamaan untuk mendapatkan nilai efektivitas dan metode komparatif yang digunakan untuk membandingkan efektivitas antara plate heat exchanger dengan shell and tube heat exchanger untuk lube oil cooler PLTU Sebalang menggunakan data operasi PLTU Sebalang. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, efektivitas lube oil cooler tipe plate heat exchanger adalah ± 64%, efektivitas lube oil cooler tipe shell and tube heat exchanger yang menggunakan parameter PLTU Tarahan adalah ± 74%, dan efektivitas lube oil cooler tipe shell and tube heat exchanger yang menggunakan parameter PLTU Sebalang adalah ± 40%.

Kata-kata kunci: Lube oil cooler, Plate heat exchanger, Shell and tube heat exchanger, Kinerja heat exchanger

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 602 Aneka ragam tentang teknologi dan ilmu terapan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Pembangkit Tenaga Listrik D4
User ID Pengunggah: Arva Keshena Azya
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:07
Last Modified: 16 Oct 2023 02:07
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15287

Actions (login required)

View Item
View Item