RANCANGAN USAHA JASA PARTY PLANNER DI WILAYAH KOTA DEPOK OLEH CV FARAI KREATIF

1905413061, Annisa Salsabila Nurcahyani (2023) RANCANGAN USAHA JASA PARTY PLANNER DI WILAYAH KOTA DEPOK OLEH CV FARAI KREATIF. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5).pdf] Text
Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5).pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 - 4).pdf] Text
Isi (Bab 2 - 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

CV FARAI Kreatif adalah perusahaan yang bergerak di bidang party planner. Tujuan perusahaan membentuk CV FARAI Kreatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin mengadakan event birthday party mereka menjadi spesial dan tidak terlupakan Perusahaan CV FARAI Kreatif memiliki tiga kategori paket yaitu private package, personal package, dan intimate package. Ketiga paket tersebut dapat membantu para klien yang ingin mengadakan event birthday party karena melingkupi kebutuhan acara perayaan seperti jasa penyelenggaraan acara, produksi, konsep, dekorasi, dan audio visual.
Perusahaan tentu memiliki segmentasi pasar dari produk dan jasa yang dijual kepada klien yang ingin mengadakan event birthday party. Dalam hal segmentasi perusahaan memiliki target pasar di daerah Kota Depok karena wilayah tersebut mengalami pertumbuhan populasi dan ekonomi yang pesat dan daya beli masyarakat yang meningkat.
Pertumbuhan ini menciptakan permintaan yang tinggi untuk berbagai acara dengan menargetkan klien di kelas middle yang memiliki ketertarikan dalam perayaan acara pribadi dengan rentang usia 18-35 tahun. Strategi pemasaran yang digunakan adalah marketing mix 7P (product, place, price, people, promotion, process dan physical evidence). Lalu, dengan proyeksi penjualan yaitu 128 event di tahun 2024, tahun 2025 167 event, dan 219 event pada tahun 2026.
CV FARAI Kreatif memulai usaha party planner dengan modal awal senilai Rp 100.000.000 dengan pembagian saham yaitu Direktur Utama sebesar 50%, Direktur Pemasaran 25%, dan Direktur Keuangan 25%. Setelah melakukan perhitungan keuangan perusahaan maka Payback Period didapatkan dalam kurun waktu 11 Bulan 20 Hari. Hasil perhitungan NPV mendukung kelayakan untuk menjalankan bisnis perusahaan dengan nilai Rp 197.924.906 di mana NPV menghasilkan lebih dari 0, kemudian perhitungan IRR menunjukkan suku bunga tertinggi yang dihasilkan CV FARAI Kreatif mencapai 71,68%, hasil dari persentase ROI mulai dari 30% di tahun 2024, 49% di tahun 2025, dan 50% di tahun 2026. Hasil PI yang telah dihitung juga menunjukkan angka 2,9 di mana hasil PI lebih besar dari 0. Dari hasil yang telah dihitung maka CV FARAI Kreatif dapat dinyatakan layak untuk dijalankan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 351 Administrasi publik
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 706 Organisasi dan manajemen bidang kesenian dan karya seni
700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 793 Permainan dalam ruangan, hiburan dalam ruangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: S.Tr.Par Annisa Salsabila Nurcahyani
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:52
Last Modified: 16 Oct 2023 04:52
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15283

Actions (login required)

View Item
View Item