RANCANG BANGUN SISTEM MEKANIK ROBOTIC PUSHCART

2002315006, Muhamad Maulana (2023) RANCANG BANGUN SISTEM MEKANIK ROBOTIC PUSHCART. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Muhamad Maulana_Tugas Akhir_Bab 1 dan 5.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
Muhamad Maulana_Tugas Akhir_Bab2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Muhamad Maulana_Manuskrip Tugas Akhir.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (717kB)

Abstrak

Perkembangan zaman seperti saat ini membuat banyak perusahaan berlomba-lomba menciptakan atau mengembangkan sebuah alat yang mampu mengkoordinir kegiatan operasional perusahaan. Salah satu kegiatannya adalah material handling. Material handling merupakan aktivitas memindahkan material dari satu titik ke titik lainnya (dengan jarak tertentu). Sistem material handling yang kurang sistematis menjadi masalah yang cukup besar dan menggangu kelancaran proses produksi atau operasional sehingga mempengaruhi sistem secara keseluruhan, hal ini yang mendorong untuk membangun suatu mesin Robotic Pushcart dengan folus pada sistem mekanis yang dapat berfungsi optimal diarea EVE Workshop. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat memberikan capaian positif kepada PT Solusi Bangun Indonesia Tbk dengan mewujudkan mesin Robotic Pushcart. Metode yang digunakan pada sistem mekanik mesin Robotic Pushcart harus secara sistematis dan ilmiah, hal ini untuk dapat tercapainya tujuan dalam membangun suatu mesin Robotic Pushcart dan menyelesaikan masalah yang telah dirumuskan dengan menggunakan metode secara struktural. Seperti penentuan jenis mesin, penentuan material pada rangka mesin, penentuan transmisi daya, serta simulasi perancangan dengan software solidworks. Pada penelitian ini, rancang bangun mesin Robotic Pushcart berhasil dibuat dengan ukuran 800x600x4 mm dan memiliki berat sebesar 83.07 kg, mesin ini dibangun dengan material kerangka steel AISI 304 yaitu profil siku 40x40x4 mm dan 30x30x3 mm. Mesin Robotic Pushcart ini mampu melakukan material handling diarea EVE Workshop dengan ketentuan batas maksimal beban yang ditentukan yaitu 40 kg.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 604 Menggambar teknik, bahan berbahaya
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: A.Md.T Muhamad Maulana
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:24
Last Modified: 19 Oct 2023 01:24
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15149

Actions (login required)

View Item
View Item