ANALISIS PENGARUH OPTIMALISASI PEMASARAN MELALUI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN USAHA PADA UMKM KULINER DI CIBINONG

1905421029, Alifia Cianka Mumtaz (2023) ANALISIS PENGARUH OPTIMALISASI PEMASARAN MELALUI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN USAHA PADA UMKM KULINER DI CIBINONG. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
Bab 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5).pdf

Download (1MB)

Abstrak

Keberhasilan usaha merupakan tujuan utama dari suatu bisnis atau perusahaan, di mana segala aktivitasnya berorientasi pada kesuksesan. Sebuah bisnis atau perusahaan dianggap berhasil ketika menghasilkan profit atau laba. Selain itu, produktivitas dan efisiensi, kualifikasi dan etika bisnis, daya saing, dan citra yang baik juga menjadi aspek yang diukur dalam keberhasilan suatu usaha. Salah satu faktor dalam mencapai keberhasilan usaha adalah dengan promosi. Di era digital ini, promosi secara online melalui media sosial merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam menghadapi persaingan. Terlebih lagi untuk para pelaku UMKM di Kabupaten Bogor yang tepatnya berada di Kecamatan Cibinong karena jumlah UMKM di wilayah tersebut selalu meningkat tiap tahunnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh optimalisasi pemasaran melalui Instagram terhadap keberhasilan usaha pada UMKM. Jumlah sampel sebanyak 100 responden yang mengisi kuesioner dan 30 responden untuk wawancara yang tersebar pada UMKM bidang kuliner di Cibinong. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan data penelitian dianalisis menggunakan PLS-SEM dengan bantuan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel social media marketing berpengaruh positif signifikan terhadap keberhasilan usaha dengan nilai koefisien jalur 0,892 dan P Value 0,000.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 331 Ekonomi perburuhan, tenaga kerja
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > Administrasi Bisnis D4
User ID Pengunggah: Alifia Cianka Mumtaz
Date Deposited: 23 Oct 2023 04:44
Last Modified: 23 Oct 2023 04:44
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15147

Actions (login required)

View Item
View Item