EVALUASI KAPASITAS PILAR P2 SEBAGAI AKIBAT DARI PERUBAHAN BENTANG STRUKTUR ATAS

4117110024, Setyo Adi Kurniawan (2021) EVALUASI KAPASITAS PILAR P2 SEBAGAI AKIBAT DARI PERUBAHAN BENTANG STRUKTUR ATAS. Lainnya thesis, POLITEKNIK NEGERI JAKARTA.

[thumbnail of HALAMAN IDENTITAS DOKUMEN SKRIPSI] Text (HALAMAN IDENTITAS DOKUMEN SKRIPSI)
HALAMAN IDENTITAS.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 5 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 5 Isi Skripsi)
HALAMAN ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (6MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
ARTIKEL ILMIAH.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Pelaksanaan pembangunan fly over cibitung pada proyek Jalan Tol Cibitung – Cilincing seksi 1 mengalami perubahan desain pada struktur atas dari kepala jembatan A1 – pilar P2 yaitu dari dua bentang PCI Girder menjadi satu bentang Steel Tub Girder. Hal tersebut menyebabkan adanya perubahan berat struktur atas dikarenakan desain awal yang menumpu pada pilar P2 sepanjang 40,6 meter dengan material beton berubah menjadi bentang sepanjang 66,5 meter dengan material baja. Berat struktur atas meningkat 246,19 ton dari berat awal sebesar 2394,96 ton menjadi 2641,15 ton. Dikarenakan perubahan tersebut terjadi setelah pembangunan pilar P2 selesai, maka dilakukan evaluasi untuk mengetahui kapasitas pilar P2 dan dilakukan perkuatan pada elemen yang tidak kuat. Evaluasi dilakukan dengan cara pengecekan terhadap kapasitas dimensi, kapasitas tulangan, dan kapasitas daya dukung pondasi yang mengacu pada Standar Nasional Indonesia dengan menggunakan software SAP2000 sebagai aplikasi dalam menganalisis. Hasil penelitian menunjukan kapasitas pilar pada bagian pier head, kolom, dan pondasi bored pile masih kuat untuk menahan beban yang bekerja. Faktor keamanan pada pondasi sebesar 2 dengan daya dukung grup sebesar 9995,51 kN. Pada bagian pile cap, dimensi tidak mengalami overstress, namun tulangan utama pile cap arah melintang kurang 5D32 (bottom), 18D32 (top), dan arah memanjang kurang 19D32 (bottom), sedangkan tulangan pengekang arah melintang kurang 4 x 36D19. Maka dari itu diperlukan perkuatan dengan menambah gaya prategang pada pile cap dengan melakukan pengeboran beton pile cap untuk keperluan kebutuan strand. Jumlah kebutuhan arah melintang digunakan monostrand 0,6” - 14 (top) dan monostrand 0,6” – 9 (bottom), sedangkan untuk arah memanjang digunakan monostrand 0,6”- 31 (bottom), serta menggunakan anchor produk VSL type S 6-1 mono.

Kata Kunci : Evaluasi, Pilar Jembatan, Perkuatan, Pile Cap, Prategang.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Setyo Adi Kurniawan
Date Deposited: 03 Sep 2021 08:08
Last Modified: 03 Sep 2021 08:08
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/1511

Actions (login required)

View Item
View Item