DIGITALISASI TEMPERATURE DAN KELEMBAPAN RUANG MAIN SUBSTATION PADA PT. SBA

2002315046, Ahmad Usairi (2023) DIGITALISASI TEMPERATURE DAN KELEMBAPAN RUANG MAIN SUBSTATION PADA PT. SBA. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab1, Dan Penutup (Bab 5))] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab1, Dan Penutup (Bab 5)))
Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab1, Dan Penutup (Bab 5)).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 sd 4)] Text (Isi (Bab 2 sd 4))
Isi (Bab 2 sd 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (56MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (622kB)

Abstrak

Suhu dan kelembapan pada ruang main substation perlu dijaga agar tetap stabil untuk menjamin tidak mengalami gangguan atau kerusakan pada peralatan – peralatan yang terdapat pada ruang main substation. Permasalahan yang terjadi pada ruang main substation yaitu suhu suhu didalam ruangan sering mengalami tidak stabil karenanperalatan - peralatan pada ruang main substationyang selalu beroperasi selama 24 jam dan kurangnya mesin pendingin pada ruang main substationdan juga terdapat lubang - lubangyang menyebabkan debu batu bara dapat masuk kedalam main substation dan menempel pada peralatan. Didalam ruang main substation juga tidak terdapat sensor pengecekan suhu dan kelembaban. Oleh karena itu agar dapat mengetahui suhu dan kelembapan ruang main substation diperlu adanya sensor suhu dan kelembaban yang termonitor dari jauh. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem monitoring suhu dan kelembapan ruang main substation agar tetap stabil dalam setiap kondisi apapun dan merancang bagun sebuah alat yang dapat mengontrol motor fan dengan menggunakan PLC sehingga pada suhu 26˚C maka PLC akan menghidupkan motor fan dan pada suhu 28˚C maka PLC akan mematikan motor fan . Sehingga suhu dan kelembaban dalam ruang main substation kembali stabil.
Kata kunci : Suhu, Kelembapan, Ruang main subtation , Motor fan , PLC..

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Ahmad Usairi
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:18
Last Modified: 19 Oct 2023 01:18
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/15098

Actions (login required)

View Item
View Item