PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK PADA PEMBUATAN STORAGE TANK KAPASITAS 250BBL MENGGUNAKAN METODE SEVEN TOOLS DI DEPARTEMEN PENGUJIAN MUTU PT. MUDALAYA ENERGI INDONESIA

2002311001, ANGGA (2023) PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK PADA PEMBUATAN STORAGE TANK KAPASITAS 250BBL MENGGUNAKAN METODE SEVEN TOOLS DI DEPARTEMEN PENGUJIAN MUTU PT. MUDALAYA ENERGI INDONESIA. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bab 1 dan Bab 5] Text (Bab 1 dan Bab 5)
BAB 1 & BAB 5_Angga.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2 s/d Bab 4] Text (Bab 2 s/d Bab 4)
BAB 2-BAB 4_Angga.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Jurnal Seminar Nasional] Text (Jurnal Seminar Nasional)
JURNAL_Angga.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (510kB) | Request a copy

Abstrak

Dalam proses pembuatan storage tank , terdapat beberapa masalah yang dapat mempengaruhi kualitas dan keamanan. Kasus pada PT. Mudalaya Energi Indonesia produk yang dibuat yaitu storage tank kapasitas 250 bbl sering terjadi permasalahan kualitas terutama pada hasil pengelasan, saat setelah melakukan hydrotest terdapat banyak titik kebocoran di akibat kan oleh hasil pengelasan. Permasalahan tersebut penulis jadikan sebagai landasan utama untuk melakukan pengendalian kualitas produk pada pembuatan storage tank kapasitas 250 bbl dengan metode seven tools. Tujuan nya, mendapatkan solusi dari permasalahan kualitas pada pembuatan storage tank kapasitas 250 bbl agar menjaga kualitas dari produk dan terhidar dari kerugian-kerugian yang tidak di inginkan. Pada penelitian ini akan dilakukan identifikasi defect dari produk storage tank 250 bbl dengan menggunakan metode seven tools alat yang digunakan check sheet, diagram pareto dan diagram sebab akibat. Hasil dari identifikasi tersebut digunakan untuk menentukan defect yang terjadi dan penyebab defect nya. Hasil dari penelitian ini adalah identifikasi bahwa terdapat hasil 3 jenis defect pengelasan yaitu undercut, pinhole, dan porosity, defect yang terjadi dari hasil pengelasan mencapai 172 defect dari 8 unit storage tank kapasitas 250 barel dan berdasarkan hasil irisan dari diagram sebab akibat yang paling mempengaruhi terdapat pada aspek manpower dan machine.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 671 Pabrik dan produk logam utama
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Angga Angga
Date Deposited: 25 Sep 2023 09:36
Last Modified: 25 Sep 2023 09:36
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14980

Actions (login required)

View Item
View Item