ANALISA KINERJA CYCLONE SEPARATOR TIPE STAIRMAND DAN LAPPLE YANG AKAN DIGUNAKAN PADA SISTEM PYROLYSIS

1902421011, Supriyadi (2023) ANALISA KINERJA CYCLONE SEPARATOR TIPE STAIRMAND DAN LAPPLE YANG AKAN DIGUNAKAN PADA SISTEM PYROLYSIS. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAB 1 Latar Belakang] Text (BAB 1 Latar Belakang)
BAB 1 & BAB 5_Supriyadi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 2 Tinjauan Pustaka] Text (BAB 2 Tinjauan Pustaka)
BAB 2-BAB 4_Supriyadi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Artikel Ilmiah Prosiding] Text (Artikel Ilmiah Prosiding)
Supriyadi_Semnas_2023.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (545kB)

Abstrak

Pyrolysis merupakan suatu proses dekomposisi kimia biomassa melalui proses pemanasan pada suhu tinggi, tanpa atau sedikit oksigen, yang menghasilkan green fuel seperti : syngas, bio-oil dan bio-char. Komponen terpenting dari sistem pyrolysis adalah cyclone separator. Tujuan dari cyclone separator adalah untuk menghilangkan partikel padat dari syngas yang terbentuk, sehingga syngas menjadi lebih bersih. Syngas khusus ini berpotensi mengandung bio-oil. Maka dari itu untuk meningkatkan kinerja dari cyclone separator maka perlu mengujinya secara eksperimental langsung. Pressure drop menjadi variable yang penting dalam menentukan tingkat kinerja cyclone separator pada sistem pyrolysis. Berdasarkan eksperimen ini dihasilkan bahwa nilai inlet velocity sangat berpengaruh pada nilai pressure drop pada cyclone separator, semakin besar inlet velocity maka nilai pressure drop akan semakin tinggi. Lalu terdapat hasil efesiensi pemisahan partikel yang lebih tinggi pada tipe Lapple dibanding tipe Stairmand yaitu titik tertinggi efesiensi tipe lapple sebesar 98,93% Sedangkan pada tipe Stairmand sebesar 97,33%. Tipe lapple dapat direkomendasikan untuk dipasang pada sistem pyrolysis berdasarkan pengujian ini.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 621 Fisika terapan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Pembangkit Tenaga Listrik D4
User ID Pengunggah: Supriyadi
Date Deposited: 15 Sep 2023 02:23
Last Modified: 15 Sep 2023 02:23
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14959

Actions (login required)

View Item
View Item