Pengaruh Literasi dan Inklusi Keuangan Terhadap Keputusan Menabung di Bank Perkreditan Rakyat (Studi Kasus Wilayah Depok)

1904421053, Boy Satya Graha Saragih (2023) Pengaruh Literasi dan Inklusi Keuangan Terhadap Keputusan Menabung di Bank Perkreditan Rakyat (Studi Kasus Wilayah Depok). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of BAB 2~4 Boy Satya Graha.docx] Text
BAB 2~4 Boy Satya Graha.docx
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Boy Satya Graha_BKT8A_snam.docx] Text
Boy Satya Graha_BKT8A_snam.docx
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)
[thumbnail of Judul, bab 1 dan 5 - BOY SATYA GRAHA SARAGIH.pdf] Text
Judul, bab 1 dan 5 - BOY SATYA GRAHA SARAGIH.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) adalah lembaga keuangan yang beroperasi di Indonesia dan fokus pada layanan perbankan untuk masyarakat yang lebih kecil, seperti individu dan usaha kecil menengah (UKM) dan menawarkan berbagai layanan perbankan, termasuk pinjaman kecil, deposito, giro, dan transfer dana. Literasi keuangan mengacu pada pemahaman dan pengetahuan individu tentang konsep keuangan, termasuk pengelolaan uang, investasi, asuransi, dan produk keuangan lainnya. Sementara itu, inklusi keuangan berfokus pada aksesibilitas dan partisipasi individu dalam layanan keuangan formal, seperti memiliki akses ke rekening bank, layanan kredit, asuransi, dan investasi. Penilitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh tingkat literasi keuangan dan inklusi keuangan masyarakat depok terhadap keputusan menabung di Bank Perkreditan Rakyat Wilayah Depok. Sampel terdiri dari 100 orang generasi Z di Depok dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung di BPR, sementara variable inklusi keuangan juga memiiki pengaruh namun tidak signifikan terhadap keputusan menabung di BPR.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 020 Ilmu perpustakaan dan informasi > 028 Membaca dan menggunakan media informasi lainnya
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: S.Tr.Ak Boy Satya Graha Saragih
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:09
Last Modified: 18 Sep 2023 02:09
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14894

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item