Analisis Perencanaan Biaya Implementasi Solar Carport Gedung Administrasi Pltu Adipala Pgu Dalam Upaya Percepatan Program Zero Emmision 2060

Alfiantiko, Rifki (2023) Analisis Perencanaan Biaya Implementasi Solar Carport Gedung Administrasi Pltu Adipala Pgu Dalam Upaya Percepatan Program Zero Emmision 2060. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul,Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul,Pendahuluan dan Penutup)
JudulPendahuluanPenutup (2).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s/d Bab 4] Text (Isi Bab 2 s/d Bab 4)
BAB 2 - BAB 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Jurnal Semnas 2023.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (721kB)

Abstrak

Dalam upaya mendukung gerakan energi terbarukan, perlu adanya inovasi energi ramah lingkungan Tujuan dari adanya penelitian ini yaitu mendapatkan jenis panel surya dengan daya yang cukup optimal, mendapatkan daya output yang menguntungkan sebagai pengurang pemakaian sendiri, mendapatkan pengembalian kurang dari jangka waktu sebelum 2060. Kebaruan pada penelitian ini yaitu penggunaan sel surya jenis half-cell masih belum umum untuk solar carport karena untuk solar carport pada umumnya lebih menggunakan jenis polikristalin dan monokristalin. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif model eksperimen yang berfokus pada temuan atau mengetahui pengaruh dari suatu tindakan terhadap variabel tertentu. Langkah-langkah pada metode penelitian ini yaitu menetapkan hipotesis kemudian merancang desain eksperimen dari hipotesis serta variabel-variabel terikat lalu mengumpulkan data-data terkait. Setelah itu dianalisis sesuai rumus yang berlaku dan tariklah kesimpulan. Berdasarkan dari hasil dan pembahasan pada analisis pemanfaatan solar carport di area parkir gedung administrasion building PLTU Adipala PGU, maka didapat sebuah kesimpulan yang mengacu pada tujuan penelitian yang telah dijabarkan yaitu biaya yang dikeluarkan untuk pemasangan solar carport sebesar Rp. 220.000.000,- dengan daya yang dihasilkan sebesar 40 kWh dalam satu hari (5 jam efektif).

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 606 Organisasi di bidang teknologi dan ilmu terapan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 609 Sejarah, perlakuan geografis, biografi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Konversi Energi D4
User ID Pengunggah: Rifki Alfiantiko
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:41
Last Modified: 14 Sep 2023 03:41
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14852

Actions (login required)

View Item
View Item