1904421040, Bisma Bara Muhamad (2023) PERLINDUNGAN HUKUM NASABAH BANK TERHADAP KEJAHATAN PERBANKAN. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
Halaman Identitas Skripsi.pdf
Download (648kB)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (435kB)
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (129kB)
Abstrak
Bank sebagai lembaga intermediasi sebagai penggerak roda ekonomi suatu negara dalam aktivitasnya tidak lepas dari penggunaan teknologi informasi dalam mendukung operasionalnya. Selain memiliki dampak positif, penggunaan teknologi informasi oleh bank juga memiliki kelemahan yang apabila tidak dikelola dengan baik dapat membahayakan dan merugikan baik bank maupun nasabah. Nasabah dan
bank sendiri akan menderita kerugian akibat kejahatan perbankan yang menggunakan teknologi informasi, khususnya untuk layanan dan produk bank yang menggunakan komputer dan jaringan internet. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk perlindungan nasabah bank terhadap tindak kejahatan skimming, carding, dan phising. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis
normatif yang bersifat deskriptif analitis dengan pendekatan kasus (caseapproach) tentang skimming, carding, dan phising dalam dunia perbankan dan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh bank. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa industri perbankan di Indonesia akan semakin efektif dalam menjalankan fungsi intermediasinya pada masyarakat apabila terdapat kerjasama antara pihak bank dengan nasabah dalam mencegah tindak kejahatan yang merebak di kalangan
masyarakat. Langkah pencerdasan terkait dengan layanan dan langkah proteksi seperti wadah pengaduan dilakukan secara menyeluruh ke masyarakat. Hal ini dilakukan dengan harapan agar penipuan di perbankan seperti skimming, carding, dan phising dapat dihindari. Pemberlakuan kebijakan secara intensif yang tertuang pada Undang-Undang KUHP, Undang-Undang Perbankan,UU ITE, Undang�Undang OJK bertujuan untuk melindungi data pribadi milik nasabah. Dengan terjaganya kenyamanan dan keamanan bertransaksi bagi nasabah, bank berupaya menjaga tingkat kepercayaan terhadap masyarakat
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 300 – Ilmu Sosial > 340 Ilmu hukum > 345 Hukum pidana 300 – Ilmu Sosial > 340 Ilmu hukum > 348 Undang-undang, hukum, regulasi dan kasus |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4 |
User ID Pengunggah: | Unnamed user with email bisma.baramuhamad.ak19@mhsw.pnj.ac.id |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 02:18 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 02:18 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14745 |